Home Perikanan Mengenal Ikan Coffinfish, Ini Fakta Uniknya

Mengenal Ikan Coffinfish, Ini Fakta Uniknya

Agrozine.id – Ikan coffin atau yang biasa juga disebut coffinfish adalah salah satu jenis ikan laut yang dapat hidup di kedalaman sampai 2.000 di dasar laut. Yuk mengenal ikan Coffinfish beserta fakta uniknya:

Berikut adalah fakta unik tentang Ikan coffinfish:

1. Ikan Coffinfish adalah ikan yang hobi menahan napas di dalam air

Jika pada umumnya semua makhluk hidup di dalam laut memerlukan oksigen untuk bernapas ikan ini malah terlihat seperti mati karena sedang menahan napas. Coffinfish sering menahan air di dalam insang tanpa menghirup maupun menghembuskannya sama sekali.Selain itu ikan ini juga sering menahan napas dalam waktu yang lama yaitu sekitar 4 menit.

Untuk membuktikan bagaimana ikan Coffinfish menahan napas,para ilmuwan telah melakukan CT Scan pada spesimen Coffinfish di museum dan ditemukan bahwa ruang insang Coffinfish cukup besar sehingga memungkinkan untuk menyimpan air selama beberapa menit.

2. Coffinfish termasuk ikan laut dalam

Coffinfish dapat hidup di dasar laut hingga kedalaman 2.000 meter Ikan coffinfish dengan nama ilmiah Chaunax endeavouri ini tersebar di Samudra Atlantik dan Pasifik.Ikan ini pada umumnya berukuran tidak terlalu besar yaitu sekitar 20-30 cm.

3. Berjalan di dasar permukaan laut

Tak hanya bisa berenang, Ikan Coffinfish juga memiliki kemampuan berjalan sehingga kerap disebut kodok laut. Coffinfish tidak cepat dalam berenang, namun kemampuannya dalam berjalan membantunya dalam mencari mangsa.

4. Tujuan Coffinfish menahan napas

Coffinfish kerap kali menahan napas.Namun hal tersebut bukan tanpa tujuan melainkan ikan ini menahan napas untuk menghemat energi, menyimpan makanan sehat saat berada di lingkungan yang langka makanan dan untuk bertahan hidup. Coffinfish akan menggembungkan badannya untuk menghindari musuh atau predator.

5.Cara menangkap mangsa

Ikan Coffinfish adalah ikan yang diam dalam menunggu mangsanya. Cara unik coffinfish dalam menangkap mangsa lebih terlihat mirip dengan orang yang sedang memancing. Coffinifish memiliki tulang punggung yang berfungsi untuk menangkap mangsa. Tulang punggung tersebut disebut sebagai alat pancing yang terletak diantara mata coffinfish dan berguna untuk menarik mangsa.

Coffinfish memangsa ikan kecil atau krustasea sebagai makanannya.

 

Itulah fakta unik tentang ikan coffinfish,si ikan yang suka menahan napas itu.(ira)

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here