Home Perikanan Mengenal Ikan Predator Palmas yang Mirip Naga

Mengenal Ikan Predator Palmas yang Mirip Naga

ikan predator palmas

Agrozine.id – Buat kalian yang suka mengoleksi ikan predator, ikan palmas atau yang mempunyai nama latin Polypterus palmas ini cocok kamu jadikan pilihan. Ikan eksotis ini hampir mirip dengan mahluk jaman purba. Ikan predator palmas memiliki bentuk yang unik dan sedikit sangar, sehingga tidak sedikit juga peminatnya, terutama para penghobi ikan predator.

Ikan palmas berasal dari beberapa daerah di Afrika dan aliran Sungai Nil. Ikan ini bisa tumbuh hingga 30 cm di penangkaran dan bisa lebih besar lagi bila hidup di alam liar. Keunikan dari ikan palmas adalah memiliki sirip punggung yang menyerupai naga, maka dari itu selain disebut palmas, ikan ini juga disebut ikan naga.

Ikan Palmas (Ikan Naga) Dan Cara Merawatnya

Di habitat aslinya ikan predator palmas ini mempunyai kemampuan bertahan hidup diluar air selama beberapa waktu dan mampu berjalan dengan sirip dadanya yang kuat. Selain itu ikan ini juga mempunyai kemampuan untuk mengambil udara dengan alat yang telah termodifikasi menyerupai paru-paru.

Kondisi air yang ideal untuk memelihara ikan predator palmas adalah dengan pH air pada kisaran 6,5 – 7 dan dengan temperatur air 16 – 27 derajat celsius. Walaupun tergolong ikan yang bisa bertahan hidup dengan kondisi air yang jelek, untuk menjaga kondisi ikan agar tetap sehat dan mempercepat pertumbuhan bisa ditambahkan airator atau alat sirkulasi air pada kolam. Dihabitat asli ikan ini termasuk perenang dasar dan sering bersembunyi, disarankan untuk kenyamanan hidup ikan ini bisa diberikan tempat persembunyian seperti batu, kayu atau potongan pralon.

Sebagai ikan predator, ketika masih berumur beberapa hari ikan ini biasanya diberi makan cacing sutra atau cacing darah. Dan ketika dewasa, ikan ini bisa diberikan pakan berupa ikan-ikan kecil yang hidup ataupun yang sudah mati (beku).

Beberapa jenis ikan palmas yang sering dijual di Indonesia adalah Palmas endlicheri, Palmas delhezi, Ansorgii, Palmas senegalus, Palmas orna, dan Teugelsi. Tergantung jenisnya, harga ikan palmas di Indonesia dibanderol dari harga puluhan ribu sampai ratusan ribu rupiah.

Setelah mengenal tentang ikan predator palmas ini, apakah kamu tertarik untuk memeliharanya? Semoga informasi pada artikel ini dapat bermanfaat ya. (ran)

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here