Home Perikanan Mengenal Istilah Restocking Ikan, Upaya Produksi Benih Ikan Lokal Secara Massal

Mengenal Istilah Restocking Ikan, Upaya Produksi Benih Ikan Lokal Secara Massal

Agrozine. id – Sebagai upaya untuk memproduksi benih ikan lokal secara massal, KKP melakukan upaya restocking ikan. Istilah restocking ikan  ini dilakukan dengan tujuan untuk memenuhi kebutuhan benih bagi pembudidaya, upaya restocking ini juga dilakukan untuk menunjang kegiatan restocking ikan yang rutin dilakukan di danau.

Restocking ikan dilakukan sebagai usaha menjaga stok ikan dengan menaburkan benih ikan di danau. Selain itu juga, disebut upaya restocking ini memiliki fungsi untuk memenuhi kebutuhan pangan bagi masyrakat sekitar perairan umum.

Namun untuk melakukan restocking ikan ini tidak bisa dilakukan dengan sembarangan. Ada tata cara yang harus diketahui dan diikuti untuk bisa melakukan upaya restocking ikan ini, yaitu sebagai berikut:

  1. dilakukan melalui kajian yang komprehensif
  2. tim teknis melakukan kegiatan perekayasaan untuk kuasai teknologi pembenihan ikan
  3. ukuran benih ikan yang ditebar menyesuaikan dengan kondisi lingkungannya

Secara singkat, upayas restocking ini juga bisa diartikan sebagai upaya pengembalian fungsi perairan sebagai ekosistem seimbang disamping untuk meningkatkan perekonomian masyarakat atau nelayan yang tinggal di sekitar perairan dengan hasil tangkapan.

Dikatakan oleh Direktur Jenderal Perikanan Budidaya, Slamet Soebjakto upaya restocking ini juga berfungsi untuk menjaga stok ikan di alam terutama untuk jenis ikan langka atau yang sudah ternacam punah maupun ikan endemik.

Ikan lokal dinilai memiliki nilai ekonomis yang tinggi karena banyaknya komoditas ikan endemik, langka dan terancam punah. Hal ini disebabkan oleh berbagai faktor seperti penangkapan ikan secara berlebihan, penangkapan ikan menggunakan alat yang tidak ramah lingkungan sehingga juga mengakibatkan kerusakan lingkungan yang menjadi habitat ikan-ikan tersebut.

Melihat permasalahan tersebut, secara konsisten KKP melakukan upaya pencegahan semakin banyaknya komoditas ikan yang terancam punah dengan melakukan upaya restocking ini. Pada tahun 2019, KKP telah melakukan restocking ikan dan udang sebanyak 13, 45 juta ekor baik untuk ikan laut maupun ikan perairan air tawar maupun payau.

Dan pada tahun 2020 ini, KKP memiliki target untuk istilah restocking ikan sebanyak 217, 5 juta ekor benih ikan untuk memenuhi pemberian bantuan kepada para pembudidaya dan masyarakat dan untuk restocking benih ikan di danau. (ira)

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here