Home Perikanan Mengenal Jenis-Jenis Ikan Kerapu Berharga Tinggi #2

Mengenal Jenis-Jenis Ikan Kerapu Berharga Tinggi #2

Agrozine.id – Berikut ini jenis-jenis ikan kerapu yang berharga tinggi di pasaran. (Lanjutan dari artikel “Mengenal Jenis-Jenis Ikan Kerapu Berharga Tinggi #1”)

Kerapu Macan

Jenis kerapu macan ini tidak banyak diolah menjadi makanan, tetapi penampilannya terbilang menarik. Kerapu macan punya motif seperti macan tutul dengan kombinasi motif tutul berwarna hitam dan kuning. Habitatnya umumnya di laut dalam. Meskipun cenderung kurang banyak diolah jadi makanan, akan tetapi jumlah kerapu macan saat ini justru bertambah karena dibudidayakan. Ukuran panjang tubuh kerapu macan kurang lebih 15-25 cm.

Kerapu Merah

Ikan yang satu ini memiliki kulit berwarna merah sehingga membuatnya cantik. Ditambah dengan bintik-bintik hitam di sekujur tubuhnya membuat ikan ini indah dan eksotik. Namun, sayangnya ikan ini sulit ditemukan karena sering bersembunyi di balik karang. Selain suka bersembunyi di balik karang, yang membuat ikan ini sulit ditangkap adalah karena mereka biasa hidup pada kedalaman 3 sampai 300 m di bawah permukaan laut. Karena itulah para nelayan biasanya menggunakan jaring untuk menangkapnya.

Kerapu Muara

Jenis kerapu muara juga banyak dikonsumsi karena kualitas dagingnya cukup baik. Habitat kerapu muara berada di dekat pantai ataupun di daerah hutan bakau. Beberapa spesies kerapu muara juga dapat hidup di terumbu karang, sampai laut dangkal. berukuran maksimal mencapai 1 meter. Kerapu muara cenderung berwarna coklat karena hidupnya berada di laut dangkal ataupun di daerah hutan bakau. Jenis kerapu muara masih sulit dibudidayakan.

Kerapu Nassau

Kerapu nassau memiliki ciri-ciri campuran cokelat muda dan cokelat tua bergaris. Ikan ini juga memiliki keunikan, yaitu mengubah warna sesuai dengan suasana hatinya. Sayangnya ikan ini tidak berhabitat di Indonesia, namun ikan ini memiliki kemampuan untuk bermigrasi hingga sejauh 220 km. Kerapu nassau hidup di area terumbu karang sedalam 90 meter. Ikan kerapu nassau banyak ditangkap untuk dijual sehingga membuatnya termasuk ke dalam daftar hewan yang terancam punah.

Kerapu Nipah

Kerapu nipah merupakan satu jenis ikan kerapu paling besar dan berat dengan bobot maksimal mencapai 150 kg. Ukuran ikan kerapu nipah terbilang besar dan bisa ditemukan di muara. Namun, ada juga ikan kerapu nipah hidup di daerah laut dalam. Tubuh kerapu nipah berwarna cokelat kehitaman dan tidak terlalu banyak motif bulatan di sekujur tubuhnya. Jenis kerapu nipah dikatakan masih belum banyak dibudidayakan. Panjang ikan kerapu ini bisa mencapai 1 meter bahkan lebih. Dari sinilah kerapu nipah dinobatkan sebagai ikan kerapu dengan bobot terbesar dan terpanjang.

Kerapu Sendok

Jenis ini merupakan salah satu yang terpopuler dan banyak ditemukan di Indonesia. Namun sayangnya sama dengan kerapu nassau, ikan kerapu jenis sendok juga termasuk dalam daftar hewan yang terancam punah karena habitat mereka di terumbu karang juga mengalami kerusakan. Ciri-ciri kerapu sendok adalah berwarna kehijauan dengan bintik-bintik hitam dan pada ukuran dewasa bisa tumbuh hingga mencapai 2 meter.

Kerapu Sunuk

Warna kerapu sunuk terlihat merah menyala dengan motif bulatan berwarna putih abu-abu. Ikan ini memiliki bentuk tubuh paling berbeda dan untuk mendapatkannya pun tidak mudah sehingga paling sulit ditemukan dan dikembangbiakan. Karena itu,harga ikan ini cukup tinggi dibanding ikan kerapu lainnya. Kualitas dagingnya terbilang lezat, namun sayangnya jumlah pembudidaya ikan ini tidak banyak. Jadi tidak heran kalau ikan kerapu sunuk menjadi perburuan banyak orang.

Kerapu Tikus

Kerapu ini paling banyak dijumpai di Australia, Jepang, dan Indonesia. Asal muasal ikan ini memang berada di daerah Asia Tenggara dan Australia. Kerapu tikus memang mirip seperti tikus dari sisi wajahnya. Ditambah lagi ada motif bulat kecil berwarna hitam dengan warna tubuh putih keabuan. Harga komoditas ikan ini cukup tinggi di pasaran. Sebab, kualitas dagingnya dirasakan paling enak dibandingkan jenis kerapu lainnya. Kualitas daging yang lebih lezat menjadikan ikan ini sebagai ikan kerapu yang paling banyak dikembangkan saat ini.

(Sumber Foto: https://id.wikipedia.org)

(content partnership IG @amani.jungle, tiktok amani.jungle)

Tonton video menarik ini:

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here