Home Perikanan Mengenal Jenis-Jenis Ikan Kerapu Berharga Tinggi #1

Mengenal Jenis-Jenis Ikan Kerapu Berharga Tinggi #1

Agrozine.id – Ikan Kerapu atau kerap disebut dengan  grouper atau groper fish ini merupakan ikan yang hidup di karang dan bebatuan. Ikan ini menjadi salah satu ikan predator paling besar di dunia. Habitatnya berada di laut dangkal, muara sungai, dan juga laut dalam. Kerapu memiliki keunggulan dari segi rasa, dagingnya lembut dan gurih meski tanpa diberi bumbu. Berikut ini jenis-jenis ikan kerapu yang memiliki nilai ekonomis tinggi di pasaran.

Kerapu Batik

Jenis kerapu ini berkarakter warna cokelat pucat terdapat di badan sampai siripnya. Meskipun terlihat seperti belut listrik, tetapi karakter badan dan juga habitat kerapu batik berada di laut dalam. Potensi budidaya kerapu batik cukup tinggi, bahkan nilai ekonominya juga baik untuk dikembangkan lebih luas. Namun, untuk membudidayakan ikan kerapu batik membutuhkan waktu hingga 8 bulan. Jenis kerapu batik ini banyak dijumpai di perairan atol. Jenis kerapu batik cukup banyak dibudidayakan, sebab dari sisi tekstur dagingnya terbilang empuk dan gurih. Motif dan corak tubuh kerapu batik terbilang unik, bahkan saat ini banyak diburu untuk banyak tujuan. Ketersediaannya di pasaran juga cukup mudah sehingga bisa menjadi satu komoditas ekonomi potensial bagi masyarakat ataupun nelayan.

Kerapu Cantang

Jika ingin melihat jenis-jenis ikan kerapu dengan bentuk dan warna tubuh lebih menarik cobalah lihat jenis kerapu catang. Kerapu catang adalah persilangan kerapu macan dan kerapu kertang. Warna kulitnya cokelat kehitaman dengan 5 garis hitam melintang di seluruh badannya. Di bagian mulut ikan kerapu ini terdapat gigi berderet dua baris. Ditambah lagi ujung setiap giginya sangat kuat dan lancip sehingga dapat mengoyak daging mangsanya lebih mudah. Jumlah pembudidaya ikan kerapu catang juga tidak cukup banyak karena untuk mendapat benih ikan kerapu catang cukup sulit. Selain digunakan untuk olahan konsumsi, ada juga penggemar ikan kerapu menjadikannya ikan hias.

Kerapu Giant Grouper

Habitat ikan kerapu giant grouper berada di lautan dalam. Perairan Australia menjadi habitat umum kerapu giant grouper. Warna tubuhnya cenderung abu-abu kehitaman, corak tubuhnya tidak terlalu banyak menampilkan motif. Ukuran dan bentuk kerapu giant grouper tergolong besar.  Banyak nelayan menyebutnya sebagai ikan raksasa karena beratnya bisa mencapai 150 kg dengan panjang tubuh mencapai 1.5 meter. Tekstur dagingnya cukup tebal sehingga cukup tinggi harganya.

Kerapu Kayu

Ciri-ciri ikan ini hampir sama dengan kerapu koko. Yang membedakannya adalah bila kerapu koko mempunyai bintik-bintik berwarna cokelat, sedangkan kerapu kayu mempunyai bintik-bintik berwarna kehitaman. Selain itu kerapu kayu mempunyai ukuran yang cukup besar bila dibandingkan kerapu jenis lain, mereka bisa tumbuh sampai ukuran 75 cm.

Kerapu Kertang

Ikan kerapu kertang memiliki ciri khas warna kuning dan terdapat motif bulatan hitam kecil di sekujur tubuhnya. Kerapu kertang menjadi jenis kerapu paling banyak dijumpai.

Kualitas dagingnya sangat lezat membuat kolektor ataupun nelayan memburu ikan jenis ini. Ikan kerapu ini memiliki tempat tinggal di sekitar sungai ataupun laut dangkal. Panjang kerapu kertang bisa mencapai lebih dari 50 cm.

Kerapu Koko

Ikan ini memiliki ciri-ciri bintik-bintik cokelat muda di sekujur tubuh, mulai dari bagian wajah sampai ekor. Pada umumnya ikan ini banyak dijumpai di daerah karang dekat pantai dan ditemukan hingga kedalaman 50 m. Kerapu jenis koko merupakan ikan yang banyak dibudidaya dan dikonsumsi oleh orang Indonesia.

Kerapu Kustang

Kerapu kustang merupakan hasil perkawinan silang antara kerapu kertang dan kerapu tikus. Hasilnya, tekstur warna kerapu kustang cenderung berwarna hijau lumut. Terdapat motif bulatan tidak cukup banyak. Ukuran ikan kerapu kustang cukup besar yakni mencapai 30-50cm. Ikan kerapu kustang memiliki rasa hampir sama seperti ikan kerapu tikus. Karena tekstur dagingnya terasa lembut dan lezat, harga ikan kerapu kustang ini terbilang mahal di pasaran. Karena itulah, permintaan ikan kustang cukup tinggi sehingga cocok untuk dijadikan sumber pendapatan ekonomi berpotensi tinggi.

Kerapu Lumpur 

Habitat asli ikan ini berada di terumbu karang ataupun muara laut dengan kombinasi tanah berlumpur. Potensi penyebaran ikan kerapu lumpur ini cukup besar, sebab sangat mudah dibudidayakan. Ikan ini disebut kerapu lumpur karena menyukai daerah berlumpur, ditambah lagi kombinasi warna cokelat menyerupai lumpur dan beberapa motif bulatan berwarna hitam. Kualitas dagingnya terbilang baik sehingga banyak dibudidayakan. Panjang maksimal ikan kerapu lumpur bisa mencapai 1 meter lebih dengan bobot mencapai 30-40 kg.

(Sumber Foto: agrotek.id)

(content partnership IG @amani.jungle, tiktok amani.jungle)

Tonton video menarik ini:

 

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here