Home Perikanan Mengenal Jenis Kerang Penghasil Mutiara Terbaik

Mengenal Jenis Kerang Penghasil Mutiara Terbaik

Agrozine – Kerang merupakan satu-satunya hewan penghasil mutiara. Terdapat dua jenis kerang, yakni kerang yang berasal dari perairan laut dan kerang dari perairan air tawar. Mutiara kerang memiliki harga jual yang tinggi dan pasar yang menjanjikan. Sehingga, pelaku usaha atau peternak yang tinggal di daerah perairan banyak yang membudidayakan kerang mutiara. Dalam artikel ini kita akan mengenal jenis-jenis kerang penghasil mutiara terbaik yang dapat dibudidayakan. Simak ulasan berikut!

 

  1. Pinctada Maxima

Jenis kerang pinctada maxima termasuk dalam kelompok Bivalvia dan mampu menghasilkan mutiara. Ciri kerang dari kelompok bivalvia memiliki dua buah cangkang yang disebut juga tangkup. Kerang pinctada maxima tidak memiliki kepala atau tentakel yang nyata. Jenis kerang ini akan mendapatkan makanan dengan cara menyaring karena tidak memiliki radula. Radula merupakan lidah bergerigi yang melengkung ke belakang untuk melumatkan makanan.

 

  1. Pinctada Margaritifera

Jenis kerang penghasil mutiara lainnya adalah pinctada margaritifera yang menjadi primadona di negara-negara pasifik selatan. Kerang pinctada margaritifera memiliki ragam warna mulai dari krem hingga warna hitam. Mutiara kerang memang identik berwarna terang, namun mutiara hitam pinctada margaritifera justru paling banyak dicari.

 

  1. Pinctada Fucata

Jenis kerang satu ini berasal dari spesies moluska laut Bivalvia dan memiliki dua katup yang dihubungkan oleh dua engsel lurus. Kerang pinctada fucata memiliki cangkang yang lebih panjang dan lebar dari jenis lainnya. Katup bagian kanannya lebih rata dibandingkan dengan katup bagian kiri. Pinctada fucata merupakan jenis kerang yang paling banyak dibudidayakan di Jepang.

 

  1. Pteria Penguin

Berbeda dengan jenis kerang penghasil mutiara lainnya, pteria penguin tidak banyak dibudidayakan karena mutiara yang dihasilkannya tidak berbentuk bundar. Jenis kerang ini umumnya dikenal sebagai tiram sayap penguin oleh masyarakat. Kerang yang berasal dari keluarga Bivalvia ini diambil dari sebuah tanaman yang berada di Indo-Pasifik barat dan tengah. Sedangkan untuk jangkaunnya, kerang pteria penguin membentang dari pantai Afrika Timur dan Laut Merah menuju ke India, Filipina, Jepang, hingga Indonesia.

 

 

  1. Kerang Mutiara Air Tawar

Jenis kerang penghasil mutiara ini hidup di perairan air tawar dan termasuk dalam spesies hewan invertebrata. Seperti jenis kerang lainnya, keerang mutiara air tawar memiliki dua cangkang berbentuk simetris dengan engsel untuk membuka atau menutup. Kerang mutiara air tawar hidup dengan cara menempel pada subtract dan memakan plankton.

 

Nah, sekarang kita sudah lebih mengenal jenis-jenis kerang penghasil mutiara terbaik yang dapat kamu coba ternakkan. Bagaimana, sudah menentukan pilihan? (rin)

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here