Home Perikanan Mengenal Kepulauan Derawan dan Keindahan Biota Laut di Dalamnya

Mengenal Kepulauan Derawan dan Keindahan Biota Laut di Dalamnya

Biota Laut Derawan

Agrozine – Kepulauan Derawan merupakan gugusan kepulauan yang berada di Kabupaten Berau, Kalimantan Timur. Di kepulauan ini, terdapat berbagai objek wisata bahari yakni taman bawah laut yang menjadi daya tarik para wisatawan mancanegara terutama para penyelam. Bahkan, Kepulauan Derawan telah dicalonkan menjadi Situs Warisan Dunia UNESCO pada tahun 2005. Dalam artikel ini, kita akan mengenal lebih lanjut kepulauan derawan dan keindahan biota laut yang ada di dalamnya. Simak ulasannya!

 

Pulau-pulau di Kepulauan Derawan

Secara geografis, Kepulauan Derawan terletak di di semenanjung utara perairan laut Kabupaten Berau, Kalimantan Timur. Terdapat sekitar 31 pulau yang terdapat di kepulauan ini seperti Pulau Panjang, Pulau Raburabu, Pulau Samama, Pulau Nabuko. Namun, terdapat empat pulau yang telah banyak dikenal khalayak yaitu Pulau Maratua, Pulau Derawan, Pulau Sangalaki, dan Pulau Kakaban yang menjadi habitat satwa langka penyu hijau dan penyu sisik. Kepulauan ini juga memiliki beberapa gosong karang seperti gosong Muaras, gosong Pinaka, gosong Buliulin, gosong Masimbung, dan gosong Tababinga. Sementara itu, Kepulauan Derawan memiliki tiga kecamatan, yakni Pulau Derawan, Maratua, dan Biduk Biduk, Berau.

Pesona Kepulauan Derawan

  1. Terumbu Karang

Tipe terumbu karang yang berada di Kepulauan Derawan terdiri dari karang tepi, karang penghalang, dan atol. Dengan jumlah spesies terumbu karang sebanyak 460 hingga 470, Kepulauan Derawan menyimpan kekayaan biodiversitas nomor dua setelah Kepulauan Raja Ampat. Areal terumbu karang utama di kepulauan ini adalah Pulau Panjang bagian barat, karang Muaras, karang Malalungun, dan Karang Besar.

  1. Kekayaan Biota Laut

Tercatat lebih dari 870 jenis biota laut yang hidup di Kepulauan Derawan. Kamu dapat menemukan banyak spesies yang dilindungi seperti penyu hijau, penyu sisik, paus, lumba-lumba, kima, duyung, ketam kelapa, dan ikan barakuda. Selain itu terdapat pula kura-kura raksasa, ikan pari, dan ikan hiu derawan. Pada kedalaman sekitar lima meter, terdapat beraneka ragam biota laut seperti cumi-cumi, lobster, ikan pipa, gurita, kuda laut, belut pita, dan ikan scorpion. Sedangkan pada kedalaman sepuluh meter, terdapat karang yang dikenal dengan nama Blue Trigger Wall yang menjadi habitat ikan trigger. Daya tarik lainnya adalah danau purba berumur jutaan tahun yang menjadi habitat ubur-ubur tidak menyengat, yaitu Danau Kakaban.

 

  1. Fasilitas Kepulauan Derawan

Untuk mencapai Kepulauan Derawan, kamu juga dapat melalui tiga jalur yakni jalur darat, laut, dan udara. Semua pulau dapat dikunjungi dengan menyewa speedboat dengan hitungan sewa per hari. Resort dan penginapan yang ada di Kepulauan ini tersebar di pinggir pantai. Aktivitas snorkeling dan menyelam menjadi kegiatan yang paling direkomendasikan mengingat kekayaan taman bawah laut yang dimiliki Kepulauan Derawan. Pengunjuung juga dapat berenang di air laut yang sangat jernih dan bermain bersama satwa penyu hijau.

Nah, sekarang kita telah mengetahui lebih lanjut pulau-pulau yang ada di Kepulauan Derawan dan keindahan biota laut yang ada di dalamnya. Kepulauan Derawan tengah dipromosikan oleh pemerintah Kabupaten Berau dan Provinsi Kalimantan Timur sebagai salah satu wisata andalan. (rin)

 

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here