Home Pet Mengenal Kucing Munchkin dan Cara Merawatnya

Mengenal Kucing Munchkin dan Cara Merawatnya

Agrozine.id – Kucing munchkin merupakan kucing yang memiliki kaki terpendek di dunia. Kucing ini berasal dari Amerika Serikat yang sudah dikembangbiakkan sejak tahun 1980. Kucing ini masih termasuk kucing ras baru bagi masyarakat. Yuk mengenal kucing munchkin dan cara merawatnya. Siapa tahu setelah ini kamu tertarik untuk memelihara kucing cantik ini.

Kucing munchkin merupakan ras kucing yang memiliki ciri khas kakinya yang pendek akibat adanya mutasi genetik. Kucing munchkin jantan bisa memiliki bobot tubuh antara 3-4 kg dan kucing betina lebih berat dibandingkan kucing jantan. Di Indonesia,kucing ini mulai dikenal pada tahun 2014.

Satu lagi ciri khas kucing munchkin adalah kaki belakangnya yang lebih panjang daripada kaki depan. Pada dasarnya kucing munchkin memiliki dua jenis bulu yaitu bulu yang panjang lebat dan bulu pendek.  Kucing munchkin memiliki tubuh yang terbilang kecil dan sangat suka bermain serta cepat beradaptasi dengan lingkungannya.

Untuk kamu yang ingin memelihara kucing munchkin, kamu harus mengetahui cara merawatnya agar kucingmu tumbuh sehat dan lucu. Berikut ini cara merawat kucing munchkin.

 

1.Menyiapkan keperluan hidup kucing

Untuk merawat kucing munchkin kamu harus menyiapkan terlebih dahulu keperluan hidupnya. Yang perlu untuk dipersiapkan ketika akan merawat kucing munchkin adalah:

  • makanan khusus kucing
  • tempat makan
  • tempat minum
  • ember pasir dan pasirnya
  • serokan pasir
  • shampoo khusus kucing
  • baby oil dan kapas
  • multivitamin
  • kandang.

Pastikan seluruh kebutuhan untuk hidup si kucing telah tersedia dengan cukup sehingga membuat kucing kalian akan mudah dijinakkan.

2.Perawatan anak kucing munchkin

Anakan kucing munchkin membutuhkan gizi dua kali lipat lebih besar dibandingkan kebutuhan gizi kucing dewasa. Anak kucing yang masih berusia 5-6 minggu dapat diberikan makanan padat secara rutin setiap 4 hari sekali. Setelah kucing berusia 8 atau 10 bulan,mulailah latih untuk makan makanan campuran seperti nasi dan ikan dan berikan minuman berupa susu.

Makanan kucing munchkin harus memiliki kandungan gizi yang seimbang untuk pertumbuhannya. Makanan kucing munchkin tidak jauh berbeda dengan kucing lainnya yaitu pakan yang memiliki kandungan protein 45%, lemak 20% dan sisanya karbohidrat 35%.

3.Memandikan kucing

Selain pakan,kebersihan kucing juga harus terjaga. Kamu bisa memandikan kucingmu jika dirasa sudah kotor. Gunakanlah shampoo khusus untuk merawat bulu kucing. Jika memungkinkan bawalah kucingmu ke petshop untuk melakukan grooming.

Memandikan si kucing cukup dilakukan minimal satu kali seminggu apabila si kucing terlihat kotor banget serta dua minggu sekali juga cukup.

4.Periksa kesehatan kucing

Kesehatan gigi,telinga dan kuku kucing menjadi faktor utama yang harus diperhatikan agar kucing terhindar dari penyakit. Selain itu periksa kesehatan dan vaksinasi juga perlu dilakukan untuk menjaga kesehatan kucing.

Setelah mengenal kucing munchkin dan cara merawatnya,apakah kamu tertarik untuk memelihara kucing ini di rumahmu? (ira)

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here