Home Pertanian Mengenal Layanan Informasi 8Villages yang Bantu Petani Melek Teknologi

Mengenal Layanan Informasi 8Villages yang Bantu Petani Melek Teknologi

Agrozine.id – Indonesia merupakan negara agraris yang memiliki lahan pertanian subur. Sebagian besar masyarakat Indonesia bermata pencaharian sebagai petani. Namun masih banyak dari petani-petani ini masih belum melek teknologi. Oleh karena itu para petani ini membutuhkan teknologi yang mudah dipahami untuk mendukung perkembangan pertanian di Indonesia. 8Villages hadir sebagai solusi untuk para petani yang membutuhkan teknologi untuk membantu pekerjaannya. Lalu apa sih 8villages? Mari mengenal layanan informasi 8villages yang membantu para petani untuk melek teknologi di modern ini.

8Villages adalah platform digital yang berfokus pada kesejahteraan petani. Layanan 8villages dibangun ketika para petani dengan segala keterbatasannya membutuhkan informasi yang akurat untuk membantu kegiatan pertanian. Aplikasi yang diluncurkan oleh 8villages dapat membantu para petani untuk menanam dan membesarkan tanamannya dengan bantuan informasi cuaca, curah hujan, tingkat kebutuhan konsumen dan harga jual produk pertanian di pasaran.

Selama ini para petani kesulitan dalam menentukan harga jual hasil panennya. Layanan 8villages dibangun dengan basis data LISA (Layanan Informasi Desa) yang bekerja sama dengan para akademisi untuk menggagas forum tanya jawab yang berkaitan dengan kegiatan pertanian. Informasi 8villages akan dikirimkan melalui SMS. Oleh karena itu meski dengan keterbatasan pengetahuan menggunakan smartphone pun petani tetap bisa mengakses layanan ini. 8villages menamai program sederhana ini dengan nama “Rumah petani pintar”. Melalui layanan inilah petani tetap bisa mendapat informasi seputar pertanian meski tidak punya smartphone sekalipun.

Layanan 8villages didirikan oleh Mathieu Le Bras bermitra dengan Yusep Rosmanyah ini menggunakan model bisnis skema bagi hasil dengan operator seluler untuk setiap pesan SMS yang dikirimkan. Saat ini 8villages memfokuskan pelayanannya pada dua kota di Indonesia yang memiliki jumlah petani banyak dan lahan pertaniannya luas yaitu Daerah Istimewa Yogyakarta dan Jawa Tengah.

Selain menyiapkan program yang membantu para petani,8villages juga telah menyiapkan program yang memungkinkan investor untuk berinvestasi pada kegiatan pertanian. Untuk mempermudah komunikasi antara petani dengan para investor, 8village memberi kemudahan mengirim pesan secara global dengan bekerja sama dengan berbagai provider di negara-negara lain.

Saat ini 8villages telah bekerja sama dengan penyedia layanan XL Axiata dan Universitas Gajah Mada dan sedang menerapkan SMS gratis bagi para penggunanya. Namun untuk kedepan 8villages berencana untuk menggunakan tarif berbayar SMS. Setelah mengenal layanan informasi 8village, para petani sangat terbantu  untuk memasarkan hasil pertaniannya. Saat ini layanan informasi 8villages mengaku telah memiliki 10.000 pengguna. Tak hanya membidik pasar lokal,8villages juga mulai melebarkan sayap ke pasar internasional seperti Myanmar yang juga merupakan negara agraris seperti Indonesia. ira)

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here