Home Kelautan Mengenal Layur, Ikan Laut Yang Lezat Dan Menyehatkan

Mengenal Layur, Ikan Laut Yang Lezat Dan Menyehatkan

Sumber foto: freightsight.com

Agrozine.id – Ikan layur yang bernama ilmiah Trichiurus lepturus memiliki nilai ekonomis yang tinggi dan salah satu komoditas ekspor yang potensial. Ikan ini hidup di laut dan mudah dikenal dari bentuknya yang panjang dan ramping. Ikan ini tersebar di perairan tropika maupun sedang. Jenis yang ditemukan di Samudera Pasifik dan Samudera Atlantik diketahui merupakan populasi yang berbeda.

Ikan layur yang dikenal dalam bahasa Inggris largehead hairtail fish umumnya hidup di wilayah iklim subtropis hingga tropis yang menyebar dari utara khatulistiwa hingga bagian selatan khatulistiwa. Ikan ini hidup di perairan dasar dan biasanya melakukan migrasi secara vertikal dan migrasi ke muara sungai saat stadium muda. Secara umum, spesies ini hidup di perairan dengan kedalaman 0-400 meter.

Ikan layur memiliki bentuk seperti belut, tetapi gepeng. Ukuran tubuhnya dapat mencapai panjang 2 m dengan berat maksimum tercatat 5 kg. Kegemarannya pada siang hari berkeliaran di perairan dangkal dekat pantai yang kaya plankton krustasea. Pada waktu malam ikan ini mendekat ke dasar perairan. Usianya panjang, dapat mencapai 15 tahun.

Ikan dewasa biasanya mencari makan di dekat permukaan saat siang hari dan berupaya ke dasar perairan saat malam hari. Ikan juvenil (remaja) pada siang hari membentuk gerombolan yang sedikit menyebar dalam mencari makan pada malam hari di dekat permukaan.

Makanan utama ikan layur saat juvenil adalah udang planktonis dan ikan kecil. Saat dewasa, ikan ini memakan ikan, cumi-cumi, dan udang-udangan. Ikan dewasa dan juvenil melakukan migrasi yang berlawanan dalam mencari makan. Selain itu, ikan ini biasa diolah sebagai ikan asin dan menjadi umpan pancing.

Layur mudah dijumpai di pasar ikan di Indonesia. Ikan ini disukai karena dagingnya yang kenyal, tidak terlalu amis, tidak berminyak, serta mudah dilepas tulangnya. Orang Jepang menyebutnya tachiuo dan memakannya mentah sebagai sashimi atau dibakar. Orang Korea menyebutnya galchi dan mengolahnya dengan digoreng atau dibakar.

Ikan layur tidak hanya memiliki rasa yang lezat, tetapi juga beragam manfaat bagi kesehatan tubuh. Beragam manfaat ikan tersebut berasal dari kandungan nutrisi di dalamnya.  Di dalam 100 gram ikan layur terkandung sekitar 85 kalori, protein, kalsium, fosfor, zinc, vitamin A, vitamin B, dan vitamin C. Berkat kandungan nutrisi tersebut, ada banyak manfaat ikan ini, seperti:

  • Memperkuat tulang dan gigi
  • Menurunkan berat badan
  • Meningkatkan daya tahan tubuh
  • Menjaga kesehatan mata
  • Mempercepat penyembuhan luka
  • Mengurangi risiko terjadinya penyakit kanker

Untuk memperoleh hasilnya secara maksimal, kamu dapat mengonsumsi ikan ini secara rutin.

Demikian informasi tentang ikan layur. Semoga bermanfaat, tetap semangat belajar, selamat berbudidaya, dan semoga sukses! (das)

Yuk Sobat, Tonton Video Menarik Ini:

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here