Home Pertanian Mengenal Manfaat Daun Tanaman Obat Sengkubak dari Kalimantan

Mengenal Manfaat Daun Tanaman Obat Sengkubak dari Kalimantan

Manfaat Tanaman Sengkubak

Agrozine.id – Manfaat tanaman sengkubak. Tak banyak yang tahu, sumber rasa gurih dari vetsin terkandung pada tanaman obat satu ini. Tanaman sengkubak yang berasal dari famili manispermaceae ini tidak dapat tumbuh di sembarang tempat, dan dapat tumbuh optimal di hutan lebat. Penyedap rasa alami telah digunakan sejak lama oleh suku Dayak.

Selain itu, tanaman obat ini juga memiliki berbagai khasiat untuk kesehatan tubuh. Dalam artikel ini, kita akan mengenal lebih lanjut manfaat tanaman obat sengkubak yang telah diwariskan secara turun temurun. Simak ulasannya!

Klasifikasi Tanaman Sengkubak

Tanaman sengkubak memiliki nama latin Pycharrhena cauliflora (Miers.) Diels dan tergolong dalam tanaman liana. Tanaman Sengkubak dapat ditemukan di kawasan Kalimantan Barat pada ketinggian sekitar 100-150 meter, baik di dataran rendah dan perbukitan.

Baca Juga : Cara Budidaya Mangrove, Ekosistem Pesisir yang Punya Banyak Manfaat

Tinggi tanamannya dapat mencapai 10-50 centimeter, bahkan menurut pendahulu tingginya dapat mencapai 2 meter dan bercabang-cabang. Untuk membudidayakannya, kamu dapat menggunakan campuran tanah dan kompos dengan perbandingannya masing-masing 1:1.

Habitat Tanaman Sengkubak

Manfaat Tanaman Sengkubak

Daun sengkubak telah lama digunakan sebagai penyedap rasa alami oleh masyarakat sekitar. Di pasar tradisional, daun sengkubak setinggi 10 centimeter dijual dengan harga Rp 10 ribu, sedangkan yang berukuran 40 centimer seharga Rp 50 ribu.

Untuk mengolahnya sebagai penyedap rasa tidak sulit, cukup mengambil beberapa helai daun lalu dibersihkan dengan air mengalir. Kemudian, campurkan daun sengkubak pada masakan selama 25 hingga 30 menit.

Baca Juga : Pohon Berbunga Putih Tingkatkan Keanekaragaman Kumbang di Hutan Tropis

Masyarakat lokal umumnya mencampur daun dengan bumbu lain seperti kunyit dan rempah-rempah lain yang ditemukan di hutan. Rasa gurih daun ini berasal dari senyawa asam glutamat, inosin-5′-monofosfat (IMP), dan guanosin-5′-monofosfat (GMP).

Daun sengkubak memiliki kandungan protein, karbohidrat, mineral, asam amino, dan air sehingga potensial digunakan sebagai bahan makanan. Selain itu, sumber enzim daun dapat membantu proses pencernaan, terutama mencerna protein dari makanan.

Tanaman Sengkubak

Nah, sekarang kita telah mengenal lebih lanjut klasifikasi dan manfaat dari daun tanaman obat sengkubak. Keberadaan tumbuhan ini telah sulit ditemukan karena lahan hutan yang mulai beralih fungsi.

Baca Juga : Mahasiswa UB Ciptakan ADALIA: Kosmetik Berbahan Dasar Sisik Ikan dan Ekstrak Andaliman

Untuk itu, perlu dilakukan konservasi dan budidaya tanaman endemik sengkubak dengan cara yang tepat guna membesarkan manfaat tanaman sengkubak. (rin)

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here