Home Biodiversitas Mengenal Manfaat Tanaman Kelor, The Miracle Tree

Mengenal Manfaat Tanaman Kelor, The Miracle Tree

Agrozine – Siapa yang tidak mengenal tanaman kelor? Tanaman tropis asal India Utara ini telah banyak dibudidayakan di Indonesia. Di Sulawesi Selatan, hampir semua rumah tangga menanam tanaman yang disebut juga keloro sebagai bahan pangan. Tanaman kelor mendapat julukan The Miracle Tree, karena seluruh bagiannya dapat dimanfaatkan. Yuk, mengenal manfaat tanaman kelor dan simak artikel berikut!

  1. Sebagai Bahan Pangan

Tanaman ini kerap dijadikan bahan pangan masyarakat Indonesia. Daun kelor merupakan sumber vitamin dan mineral yang baik dikonsumsi tubuh. Dalam 20 gram daunnya, terdapat kandungan protein, vitamin B6, vitamin C, vitamin A, zat besi, vitamin B2, dan magnesium. Karena kandungan asam amino nya, tanaman kelor digunakan untuk mengatasi malnutrisi dan dapat meningkatkan berat badan. Daun tanaman kelor dapat dikonsumsi dalam kondisi segar, direbus, bahkan diolah menjadi tepung. Bahkan sekarang daun tanaman ini telah dikembangkan menjadi produk pangan seperti kerupuk, kue, permen, dan teh untuk diseduh. Selain daunnya, buah kelor juga diolah menjadi ragam menu sayuran seperti sayur bening atupun dicampur dengan santan. Ada pula yang menyerut buah kelor untuk dicampurkan bersama santan dan kacang hijau.

 

  1. Segi Kesehatan
  • Menurunkan berat badan: Jika dikonsumsi, daun kelor dapat melancarkan metabolisme dan membakar kalori lebih cepat.
  • Mencegah diabetes: Daun kelor mengandung zat besi dan mineral yang dibutuhkan untuk memproduksi insulin, sehingga bermanfaat sebagai anti diabetes.
  • Mencegah penyakit jantung: Tanaman kelor menghasilkan lipid terosidari dan memberikan perlindungan pada jaringan jantung.
  • Menyehatkan mata: Kandungan vitamin A yang tinggi pada kelor dapat dimanfaatkan sebagai obat tetes mata. Rebuslah 3 tangkai daun dan aduk dalam segelas air.
  • Mengobati rematik: Kandungan kalsium pada tanaman kelor dapat mengurangi rasa sakit pada persendian.
  • Mengobati herpes: Penyakit kulit herpes dan kurap dapat diobati dengan cara menumbuk 3 hingga 7 tangkai daun kelor dan ditempelkan langsung pada area kulit yang sakit.
  • Mengobati penyakit dalam seperti luka lambung, luka usus, dan batu ginjal dengan cara meminum rebusan air daun kelor.
  • Mengobati masalah pencernaan: Kandungan antioksidan pada daun kelor dapat mengatasi masalah pencernaan dengan cara meminum rebusan yang masih hangat.
  • Mengobati kanker: Kandungan antioksidan daun kelor dapat menghalangi perkembangan sel kanker. Sementara kandungan potassium nya dapat menyingkirkan sel-sel kanker.

 

  1. Segi Kecantikan

Kandungan antioksidan pada daun kelor telah banyak diteliti dan digunakan untuk campuran hand cream dan body lotion. Skin care pada kosmetik dapat melindungi kulit dari efek kekeringan, radiasi ultra violet, dan oksidasi. Daun kelor mengandung vitamin B2 yang dapat menutrisi kulit kering, menjaga kelembaban kulit, dan membuat kulit tampak lebih sehat. Selain itu, biji kelor dapat diolah menjadi minyak kelor atau moringa oil.  Kandungan pada moringa oil sangat baik untuk produk anti-aging, moisturizer, dan parfum.

 

Nah, sekarang kita sudah mengenal manfaat tanaman kelor yang memiliki banyak khasiat. Tanaman ini bahkan telah digunakan sejak zaman Mesir kuno oleh Cleopatra dan putri kerajaan lainnya, loh. (rin)

 

 

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here