Home Tanaman Hias Mengenal Monstera Subpinnata dan harga di online

Mengenal Monstera Subpinnata dan harga di online

Mengenal Monstera Subpinnata

Agrozine.id – Apa yang terbayangkan oleh kamu bila mendengar kata monstera? Tanaman hias daun yang berlubang atau sobek? Varian variegata yang mahal? Ya, kamu tidak salah karena monstera sudah terkenal secara umum dengan sebutan seperti itu. Namun, sudahkah kamu mengenal monstera subpinnata?

Mengenal Monstera Subpinnata

Monstera subpinnata ternyata mempunyai bentuk daun yang sangat berbeda daripada yang kamu kenal di media sosial. Tanaman daun terfragmentasi dari Ekuador yang tampak anggun ini mempunyai bentuk daun yang menyirip.

 

Saat dewasa, daun monstera subpinnata  mencapai panjang sekitar 30 cm dan lebar daun sekitar 20 cm. Tanaman ini mempunyai sulur kecil dan tipis ini saat tumbuh dewasa sehingga orang mungkin akan terkecoh menyebut tanaman ini sebagai kelompok tumbuhan pakis.

 

Harga dan stock

Meski unik, harga tanaman ini masih cukup terjangkau dibandingkan dengan jenis varigata pada borsigiana dan deliciosa yang mencapai jutaan rupiah per daunnya. Untuk harga 1 daun freshcuting, pantauan tim agrozine.id di marketplace, kamu bisa menemukan tanaman dengan harga Rp 1.500.000 saat artikel ini dibuat.

 

Sedangkan untuk harga tertinggi, monstera subpinnata dengan tiga daun aktif ditawarkan dengan harga Rp 5.000.000. Selain itu, penjual lain ada yang menawarkan dengan selisih harga berkisar Rp 1.000.000 hingga 2.000.000.

 

Perawatan

Monstera subpinnata termasuk jenis tanaman hias yang suka pada media tanam yang cenderung lembab bukan basah. Tanaman dengan akar angin ini sangat tidak suka kondisi media tanam yang basah karena bisa menimbulkan penyakit.

Mengenal Monstera Subpinnata

Oleh karena itu, sebelum melakukan penyiraman berikutnya, kamu harus memastikan permukaan media tanam hingga kedalaman 2 cm cukup kering. Bila masih terasa basah, kamu bisa menunda penyiraman hingga tanaman ini kering.

 

Umumnya, penyiraman bisa dilakukan sebanyak dua kali dalam seminggu tergantung kondisi cuaca tempat tinggal tanaman hias kesayangan kamu. Selain itu, kamu bisa menggunakan spray daripada menggunakan penyiraman yang mengalirkan air cukup banyak ke media tanam.

 

Daun yang menguning coklat dan layu pertanda tanaman terlalu banyak air. Sedangkan, daun kuning mengering tanda tanaman terlalu sedikit air. Gejala umum ini bisa kamu jadikan patokan untuk mengubah interval dan kuantitas penyiraman.

 

Untuk pencahayaan, monstera subpinnata termasuk tanaman yang suka cahaya matahari dari rendah ke sedang. Dengan begitu, kamu bisa meletakan tanaman hias ini di dalam rumah dekat jendela. Pastikan juga, merotasi tanaman hias kesayangan kamu yang satu ini agar pertumbuhan daun merata tidak ada yang kecil dan besar dari sisi satu dan yang lain.

 

Bila terpaksa di luar, pastikan tanaman hanya terkena sinar matahari di pagi hari dan masih dilindungi oleh tanaman yang tinggi dan rimbun.

 

Kamu juga bisa menambahkan pupuk untuk tanaman yang ada di dalam pot, sesuai kebutuhan tanaman dan anjuran pemakaian dari pupuk cair yang kamu gunakan.

 

Bagaiaman, apakah kamu sudah semakin mengenal monstera subpinnata melalui artikel ini? Apakah juga jadi ingin memelihara di rumah? (Dan)

 

(content partnership IG @amani.jungle, tiktok amani.jungle)

Tonton video menarik ini:

 

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here