Home Pertanian Mengenal Nangkadak, Tanaman Hibrida Istimewa

Mengenal Nangkadak, Tanaman Hibrida Istimewa

Agrozine.id – Kamu hobi menyantap buah nangka? Coba deh varietas nangka istimewa ini. Namanya nangkadak, gabungan nangka dan cempedak. Bayangkan nikmatnya rasa manis nangka berpadu dengan harumnya buah cempedak.

Pohon nangkadak merupakan hasil persilangan buah nangka dan cempedak yang dilakukan oleh Gregori Garnadi Hambali atau biasa disebut Greg Hambali dan tim dari Taman Wisata Mekarsari. Greg Hambali berinisiatif memunculkan spesies hibrida baru keluarga nangka-nangkaan (Moraceae) yang mewarisi sifat-sifat unggul nangka dan cempedak.

Nangka mini yang dipilih sebagai tetua betina adalah koleksi pribadi Greg Hambali. Dasar pemilihan tetua betina ini adalah sifat pohon nangka mini yang berbatang pendek, ukuran buah kecil hingga sedang, bentuk buah menarik, rasa manis, dan umur berbuah genjah. Cempedak ditetapkan sebagai tetua jantan karena sifat unggul yang ingin diambil bagi calon spesies baru yang akan dihasilkan.

Persilangan antara dua spesies ini menghasilkan tiga calon spesies baru, yaitu Pedaka, Nangkadak, dan Cempeka. Setelah dilakukan serangkaian pengujian kualitas, kuantitas, daya  hasil, dan multilokasi selama hampir  tiga  tahun, terpilihlah nangkadak sebagai calon spesies yang berpenampilan paling stabil.

Nangkadak mempunyai sifat-sifat ungggulan dari dua tetuanya. Sosok tajuk tanaman pendek, kompak, dan rimbun. Tanaman berumur genjah dan mulai muncul buah pertama pada umur 2 – 3 tahun. Produktivitas buahnya sekitar 30 – 50 buah/pohon per masa panen. Berat buah nangkadak antara 3 – 5 kg. Aroma buahnya lebih lembut dari cempedak. Daging buah berwarna kuning oranye cerah dan tebal. Rasa buahnya mendekati rasa nangka dengan tekstur daging buah yang lembut.  Seperti cempedak, daging buah dan dami mudah dilepas apabila sudah masak. Kulit mudah dikupas, tipis, dan tidak banyak getah. Selain itu, nangkadak juga tidak mengenal musim, saat musim hujan sekalipun buah akan tetap memiliki rasa yang sangat manis.

Buah nangkadak kaya akan kandungan gizi, seperti vitamin A, vitamin C, kalsium, dan zat besi. Mengkonsumsi buah nangkadak secara rutin juga dipercaya mampu memberikan berbagai macam manfaat untuk kesehatan, seperti mengurangi resiko penyakit kanker, meningkatkan kepadatan tulang, menjaga tekanan darah, meningkatkan sistem imunitas, membantu mengontrol diabetes, memperbaiki sistem pencernaan, menjaga fungsi penglihatan, menjaga kesehatan kulit, dan memelihara sistem pernapasan. (das)

(Sumber foto: https://www.tokopedia.com/suryabibit/bibit-nangkadak-nangka-rasa-cempedak)

(content partnership IG @amani.jungle, tiktok amani.jungle)

Tonton video menarik ini:

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here