Home Pertanian Mengenal Philodendron dan Jenisnya yang Sedang Tren

Mengenal Philodendron dan Jenisnya yang Sedang Tren

Agrozine.id – Salah satu tanaman hias daun yang digandrungi oleh para pecinta tanaman hias adalah Philodendron. Tanaman ini memiliki daun cantik dan unik pada bentuk daun dan warna daunnya. Philodendron selalu diburu oleh kolektor tanaman hias dan sampai saat ini masih memiliki permintaan pasar yang sangat tinggi. Dengan bentuknya yang indah, philodendron bisa menambah keindahan dan kesejukan alami jika ditanam di rumah. Yuk mengenal Philodendron dan jenisnya.

Jenis Jenis Philodendron

1.Philodendron Burgundy

Philodendron
Philodendron Burgundy

Philodendron jenis Burgundy memiliki variasi warna daun hijau dan ungu kehitaman berbentuk jantung dengan sedikit corak warna pink. Tanaman ini awalnya tegak namun sata berumur 2 tahun batangnya mulai merambat. Philodendron Burgundy termasuk salah satu jenis yang lumayan langka namun populer di kalangan pecinta tanaman hias.

Tanaman ini menjadi sangat mahal akibat kelangkaannya, dimana untuk satu pohon dewasa bisa mencapai puluhan juta rupiah. Namun jarang sekali ada kolektor yang mau menjual tanaman ini.

2. Philodendron imperial red cardinal

Philodendron
Philodenderon imperial red cardinal

Yang kedua adalah jenis Philodendron imperial red cardinal yang memiliki daun berwarna merah. Jenis ini juga termasuk jenis Philodendron yang memiliki harga mahal dimana penjualannya dihitunga dari jumlah helai daun yang dimilikinya. Satu helai daun tanaman ini bisa dijual dengan harga mencapai 500 ribu rupiah. Kelebihan philodendron imperial red cardinal ini adalah ketahanannya terhadap suhu dingin.

3. Philodendron Selloum

Philodendron
Philodendron selloum

Dikenal juga dengan istilah Philodendron jari karena bentuk daunnya yang menyerupai jari manusia. Jenis philodendron yang satu ini banyak digunakan sebagai hiasan ruangan.  Ditambah lagi perawatan tanaman ini yang tergolong mudah membuatnya banyak digandrungi oleh pecinta tanaman hias.

4.Philodendron Moonlight

Philodendron
Philodendron moonlight

Tanaman ini juga dikenal dengan nama Philodendron lemon orange juice yang bisa digunakan sebagai komponen taman atau tanaman pot untuk mentolerir suhu dingin dalam ruangan. Selain itu tanaman ini termasuk jenis yang mudah dirawat dan kecerahan warna daunnya menjadikan pemandangan rumah atau taman lebih segar.

5. Philodendron Epipremnum aureum

Philodendron Epiremnum aureum

Jenis yang satu ini dikenal juga dengan nama sirih gading atau gading sirih-sirihan yang merupakan jenis philodendron dengan habitus merambat. Tanaman ini biasanya digunakan sebagai hiasan di rumah. Perawatannya yang tidak terlalu sulit ditambah harganya yang terbilang cukup murah jika dibandingkan dengan jenis philodendron lainnya membuat jenis ini cukup digemari oleh pecinta tanaman hias.

6. Philodendron Scandens Medio Pictum

Philodendron Scandens medio pictum

Dikenal juga dengan nama sirih Belanda varigata yang bisa dijadikan sebagai tanaman hias gantung. Tanaman ini memiliki habitus merambat sama seperti Epiremnm aureum. Selain dikenal dengan nama sirih Belanda, jenis philodendron yang satu ini juga dikenal dengan nama flame leaved heart plant. Perbedaan antara scandens medio pictum dan epiremnum aureum terdapat pada warna dan garis daun.

7. Monstera Obliqua

Monstera obliqua

Satu jenis philodendron yang sedang ramai diperbincangkan saat ini adalah Monstera obliqua yang juga dikenal dengan nama janda bolong. Jenis ini lebih mudah diimprovisasi sesuai kebutuhan dan lebih mudah dalam perawatannya. Tanaman ini bisa ditempatkan di dalam dan di luar ruangan.

8. Monstera deliciosa

Monstera deliciosa

Jenis ini dikenal memiliki harga yang mahal dan sedang trend saat ini. Tanaman hias daun yang satu ini banyak digandrungi lantaran perawatannya yang cukup mudah dan bisa ditempatkan di dalam maupun di luar ruangan.

Demikian informasi mengenal Philodendron dan jenisnya. Kamu bisa memilih salah satu diantaranya untuk mempercantik tampilan rumah. (ira)

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here