Home Tanaman Hias mengenal philodendron esmeraldense dan harga di online

mengenal philodendron esmeraldense dan harga di online

mengenal philodendron esmeraldense

Agrozine.id – Philodendron merupakan salah satu jenis tanaman hias daun dari kelompok aroid yang tinggi peminatnya. Mulai dari harga yang murah hingga mencapai ratusan juta ada di philodendron. Pernahkah kamu mendengar atau mengenal philodendron esmeraldense di antara perbincangan kolektor tanaman hias?

mengenal philodendron esmeraldense

Ya, philodendron esmeraldense merupakan salah satu jenis philodendron kelas sultan yang langka. Yuk simak ulasan dari tanaman sultan satu ini agar rasa penasaran kamu terobati.

 

Sesuai dengan namanya, philodendron esmeraldense ditemukan atau dikenalkan pertama kali oleh ahli Botani bernama Dr. Tom Croat pada tahun 2008. Esmeraldas merupakan tempat tanaman ini ditemukan, tak salah tanaman ini mempunyai nama yang serupa dengan lokasinya.

 

Philodendron esmeraldense memiliki daun hijau tua besar yang mengkilap. Saat dewasa, panjang daun yang berbentuk anak panah ini sekitar 48 cm dengan lebar daun sebesar 8 cm. Paa pangkal daun, tanaman ini ada dua lekungan seperti bentuk atas hati dan meruncing di ujung daun.

 

Untuk tulang daun, tanaman ini menampilkan gari lurus putih pada pangkal daun dan menyempit di ujung daun. Pada sisi kiri dan kanan tulang daun, kamu bisa melihat guratan lengkung di bagian luar.

 

Harga

Setelah menelusuri marketplace yang sering digunakan di Indonesia, penjual tanaman hias philodendron esmeraldense paling murah menawarkan Rp 5.000.000 untuk satu daun fresh cutting. Namun, untuk tanaman hias yang sudah mature dan rimbun kamu harus merogoh kocek yang cukup dalam karena ada penjual yang menawarkan dengan harga tertinggi mencapai Rp. 100.000.000

 

Perawatan

Tanaman yang low maintenance atau perawatan rendah ini sangat suka berada di area yang sejuk dan tidak terkena sinar matahari langsung. Suhu yang ideal untuk tanaman ini berkisar 16 hingga 30 derajat celcius. Meski bisa hidup di dalam dan luar ruangan, pecinta tanaman hias lebih memilih untuk merawat tanaman ini di dalam rumah karena merasa lebih aman dari resiko tanaman rusak atau pencurian.

mengenal philodendron esmeraldense

Sesuai dengan informasi sebelumnya, philodendron jenis ini menyukai media tanam yang lembab. Dengan menggunakan media tanam yang banyak unsur organik, tetapi tidak basah akan mempercepat pertumbuhan tanaman sultan satu ini.

 

Untuk penyiraman, perhatikan bagian atas media tanam apakah sudah kering atau basah. Bila sudah kering, kamu bisa melakukan penyiraman dengan menggunakan bantuan sprayer. Bila tanaman menunjukan gejala kuning dan kering, tanaman hias kekurangan air. Sebaliknya, ketika daun layu kuning kecoklatan kamu bisa mengurangi frekuensi penyiraman.

 

Untuk pencahayaan, tanaman ini perlu diputar secara berkala agar semua daun tetap hijau cerah. Kamu bisa menggunakan bantuan alas beroda untuk memutar tanaman ini. Selain itu, kamu bisa menggunakan bantuan lampu yang menyerupai pancaran uv sinar matahari.

 

Agar pertumbuhan semakin subur, kamu bisa menggunakan bantuan pupuk cair. Pupuk cair baik digunakan saat tidak akan melakukan penyiraman dengan interval dua minggu sekali. Semprot pupuk cair dengan kandungan N, P, dan K hingga bagian atas media tanam basah.

 

Itulah ulasan singkat tentang tanaman hias sultan yang satu ini. Setelah mengenal philodendron esmeraldense, apakah kamu semakin ingin memilikinya? (Dan)

 

(content partnership IG @amani.jungle, tiktok amani.jungle)

Tonton video menarik ini:

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here