Home Populer Mengenal Philodendron Joepii, Perawatan dan Harganya

Mengenal Philodendron Joepii, Perawatan dan Harganya

Agrozine.id – Pernah mendengar nama tanaman hias Philodendron joepii? Konon katanya tanaman ini sudah hampir punah di alam. Nah dalam artikel ini, mari mengenal Philodendron joepii, bagaimana cara merawatnya dan berapa harga tanaman ini?

Asal Usul Tanaman

Philodendron joepii ditemukan di Guyana Prancis Timur oleh seorang bernama Joep Moonen selama melakukan tur ekologi di sepanjang sungai Mararoni. Saat itu Joep melihat bahwa bentuk daun tanaman ini aneh dan ia berasumsi bahwa daun tersebut telah dimakan oleh serangga.

Baca Juga: Mengenal Philodendron Verrucosum, Berapa Harganya?

Morfologi Tanaman

Philodendron joepii menghasilkan bunga yang terdiri dari spathe dan spadix sama seperti tanaman Aroid pada umumnya. Ya, tanaman ini termasuk kedalam kelompok aroid dan keluarga tanaman Araceae. Philodendron joepii ini memiliki bunga dengan variasi ungu, hijau dan putih.

Tanaman ini memiliki daun panjang dengan tangkai yang juga panjang. Bentuk daunnya cukup unik dan memang kelihatan seperti bekas gigitan serangga dengan bagian bawah daun yang lebih ramping dibandingkan dengan bagian atasnya.

Tanaman ini tumbuh dengan subur dalam cahaya sedang dan tidak langsung terkena paparan sinar matahari. Suhu 18-23 derajat Celcius adalah yang terbaik untuk pertumbuhan tanaman ini. Tanaman ini terkenal dengan sisi dekorasi alaminya yang indah dan sifatnya yang dapat memurnikan udara.

Baca Juga: Mengenal Monstera Thai Constellation Variegata, Berapa Sih Harganya?

Perawatan Tanaman

Seperti telah dijelaskan diatas bahwa Philodendron joepii menyukai cahaya sedang dan untuk frekuensi penyiraman tanaman ini hanya perlu disiram 1-2 kali seminggu. Tanaman ini harus ditanam di media tanam yang lembab dan porous untuk mendorong akar tetap menghirup udara segar.

Media tanam tradisional kurang cocok dengan tanaman yang satu ini sehingga biasanya media tanam yang digunakan untuk menanam tanaman ini adalah campuran moss, pasir malang dan sekam bakar karena cepat kering. Selain itu akar dan kerikil juga bagus ditambahkan sebagai campuran media tanam. Campuran tersebut akan membantu menjaga pH 4,5-7,5 yang baik untuk pertumbuhan tanaman ini.

Di habitat alaminya, Philodendron joepii dapat tumbuh dengan baik karena mendapat nutrisi dari sisa tanaman yang membusuk di sekitarnya. Nah diluar habitat alaminya kita dapat memberi pupuk untuk menutrisi tanaman ini. Pupuk yang digunakan disarankan adalah pupuk organik yang lebih  mudah diserap oleh tanaman.

Baca Juga: Mengenal Alocasia Jakclyn atau Tandurusa, Tanaman Hias Aroid Asli Indonesia

Namun pemupukan tanaman perlu memperhatikan musim dan jika sedang musim dingin disarankan agar tanaman ini tidak perlu dipupuk karena tanaman sedang dalam fase istirahat. Selain itu, ketika musim panas pemberian pupuk terlalu banyak juga harus dihindari karena dapat menyebabkan garam mineral menumpuk.

Sama seperti kebanyakan tanaman hias aroid, Philodendron joepii ini juga dapat diperbanyak dengan stek batang lalu memasukkannya ke dalam wadah berisi air dan lumut Spaghnum sebagai media tanamnya.

Harga

Meski sempat disebut hampir punah, namun saat ini Philodendron joepii masih cukup banyak ditemukan. Untuk membeli tanaman ini, kamu bisa mencarinya di berbagai marketplace yang menyediakan tanaman hias. Namun harganya sendiri tergolong cukup mahal mulai dari ratusan ribu hingga puluhan dan bahkan ratusan juta rupiah.

Baca Juga: Rekomendasi Jenis Anthurium Paling Populer dan Banyak Peminatnya

Itulah sekilas informasi mengenal Philodendron joepii. Semoga informasi ini bermanfaat ya terutama bagi kamu yang sedang merawat tanaman hias ini. (ira)

 

(content partnership IG @amani.jungle, tiktok amani.jungle)

 

Tonton video menarik ini:

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here