Home Populer Mengenal Philodendron Pastazanum, Tanaman Hias Temuan John Banta

Mengenal Philodendron Pastazanum, Tanaman Hias Temuan John Banta

Agrozine.id -Philodendron sebagai salah satu jenis tanaman hias yang sedang naik daun saat ini terutama untuk beberapa jenis tertentu yang semakin banyak diburu oleh mereka penggemar tanaman hias. Philodendron pastazanum termasuk salah satunya. Maka dalam artikel ini kita akan mengenal Philodendron pastazanum temuan John Banta.

Baca Juga: Mengenal Aglaonema Pictum Tricolor, Tanaman Hias Unik dengan Motif Tentara

Asal Usul dan Morfologi Tanaman

Philodendron pastazanum merupakan jenis philodendron hybrid dengan indukan Philodendron gloriosum dan Philodendron pastazanum yang dibuat oleh John Banta pada tahun 1988 dan dinamai menurut nama teman dekatnya.

Tanaman ini memiliki tangkai daun sub terete dimana helaian daun barunya akan muncul dengan sisi adaksial merah muda dan sisi abaksial berwarna merah mencolok. Helaian daun dewasa pada tanaman Philodendron pastazanum tampak agak berlapis dan urat lateral sekundernya tidak terlihat. Permukaan adaksial daun tanaman ini terasa lembut saat disentuh dan terlihat seperti satin namun tidak mengkilap.

Sama seperti jenis tanaman philodendron pada umumnya, Philodendron pastazanum juga pada umumnya merambat atau memanjat. Namun untuk lebih memudahkan dalam perawatannya, tanaman ini bisa dicacah jadi bagian yang lebih kecil.

Baca Juga: Mengenal Philodendron Maximum, Philodendron Terbesar di Dunia

Perawatan Tanaman

Tanaman asal Kolombia ini tergolong mudah dalam perawatannya. Pastazanum memiliki rimpang yang tumbuh secara horizontal di sepanjang tanah dan menghasilkan daun. Rimpang ini biasanya akan mulai muncul ke permukaan tanah ketika tanaman mulai mencapai tinggi hingga 1 meter.

Namun perlu hari-hati jika ingin memegang atau bersentuhan dengan tanaman ini karena Philodendron pastazanum ini mengandung kristal oksalat yang tinggi di semua bagian tanamannya yang dapat menyebabkan alergi dan ulserasi di mulut. Oleh karena itu disarankan untuk menjauhkan tanaman ini dari jangkauan anak-anak.

Baca Juga: Perbedaan Philodendron Micans, Melanochrysum, dan Gigas

Dalam perawatan tanaman Philodendron pastazanum, ada beberapa hal yang harus diperhatikan yaitu:

Kebutuhan Air

Philodendron pastazanum tidak membutuhkan banyak air sehingga penyiraman tanaman ini pun tidak perlu dilakukan terlalu sering. Anda cukup menyiram tanaman dengan durasi dua kali seminggu di musim kemarau dan sekali seminggu ketika musim hujan atau dapat disesuaikan dengan kebutuhan tanaman.

Yang penting diperhatikan adalah jangan sampai media tanam terlalu tergenang air karena akan menyebabkan akar tanaman menjadi busuk.

Baca Juga: Perbedaan Philodendron Xanadu dan Selloum

Kebutuhan Cahaya Matahari

Sinar matahari tidak langsung dengan penyinaran sedang sangat cocok untuk tanaman Philodendron pastazanum. Di tempat yang mendapat cukup sinar matahari, tanaman ini akan dapat tumbuh dengan baik, namun jika anda melihat daun tanaman ini menguning bisa menjadi pertanda bahwa tanaman menerima sinar matahari berlebih. Namun di sisi lain jika tangkai tanaman panjang dan jumlah daunnya tidak terlalu banyak menandakan bahwa tanamaan kekurangan sinar matahari

Kebutuhan Suhu

Tanaman Philodendron pastazanum tumbuh dengan baik di suhu antara 16-24 derajat celcius. Jadi usahakan untuk menempatkan tanaman di lokasi yang tidak terlalu panas karena akan berakibat tidak baik pada pertumbun dan perkembangan tanaman.

Baca Juga: Perbedaan Philodendron Glorious dan Gloriosum, yang bikin kamu kaget

Itulah sekilas informasi mengenal Philodendron pastazanum dan cara merawatnya. Philodendron temuan John Banta ini memang masih tergolong mahal, namun jika anda penggemar tanaman hias tentu harga tidak akan menjadi masalah penting jika anda menyukai tanaman bukan? Terutama tanaman hias yang memiliki keunikan dan ciri khas tersendiri seperti Philodendron pastazanum ini. (ira)

 

(content partnership IG @amani.jungle, tiktok amani.jungle)

 

Tonton video menarik ini:

 

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here