Home Populer Mengenal Philodendron Pink Princess, Lengkap dengan Cara Merawat dan Harganya

Mengenal Philodendron Pink Princess, Lengkap dengan Cara Merawat dan Harganya

Agrozine.id – Philodendron termasuk dalam daftar tanaman hias yang digemari dan sedang naik daun saat ini. Salah satunya adalah Philodendron pink princess yang diyakini berasal dari Florida dan sudah ada sejak tahun 1970-an. Maka dalam artikel ini, Agrozine.id akan mengajak anda untuk mengenal Philodendron pink princess, lengkap dengan cara perawatan dan juga harga jualnya. Simak ulasannya berikut ini ya.

Philodendron disebut sebagai salah satu tanaman langka di dunia. Tanaman hias yang berasal dari keluarga Araceae ini memiliki kombinasi warna hijau dan pink pada daunnya sehingga membuatnya terlihat sangat indah.

Baca Juga: Mengenal Alocasia Dragon Scale dan Alocasia Reginae

Tanaman yang memiliki nama ilmiah Philodendron erubescens  ini kini sedang tren di kalangan pecinta maupun kolektor tanaman hias. Bagian daun tanaman ini juga terlihat mengkilap karena ada lapisan lilin pada permukaan daunnya. Daun tanaman ini juga termasuk besar dengan panjang bisa mencapai 22 cm dan lebarnya 12 cm.

Namun ternyata munculnya warna pink atau merah muda pada daun tanaman ini disebabkan karena kurangnya klorofil pada daun, dimana klorofil ini berfungsi untuk memberikan warna hijau pada daun sekaligus juga untuk membantu daun melakukan proses fotosintesis sehingga tanaman menghasilkan oksigend an glukosa.

Baca Juga: Mengenal Raphidophora Foraminfera dan Harganya

Munculnya warna pink pada daun Philodendron pink princess ini juga terjadi karena mutasi genetik atau sering kita kenal dengan istilah variegata. Namun tidak biasa karena pada umumnya variegata adalah warna hijau, putih atau kuning. Hal ini jugalah yang membuat harga tanaman ini menjadi lebih mahal dibandingkan dengan jenis lainnya, karena variegata yang muncul pada daunnya sangat langka.

Cara Merawat Philodendron pink princess

Idealnya kombinasi warna yang muncul pada Philodendron pink princess ini harus memiliki komposisi yang lebih banyak hijau dibandingkan dengan pink, karena jika warna hijau pada daun terlalu sedikit akan mengakibatkan pertumbuhan tanaman menjadi kurang baik. Namun jika warna hijau juga mendominasi terlalu banyak, penampilan tanaman ini akan menjadi kurang menarik.

Baca Juga: Mengenal Anthurium Dark Mama dan King Of Spades, Berapa Harganya?

Oleh karena itu, proses perawatan sangat berpengaruh pada komposisi dan kombinasi warna pada tanaman ini. Tanaman yang terkena sinar matahari terlalu banyak, maka warna hijau pada daunnya akan menjadi lebih dominan. Untuk membuat komposisi warna yang muncul seimbang, maka idealnya tanaman ini diletakkan di tempat yang memiliki pencahayaan bagus dan cukup namun tidak terpapar sinar matahari secara langsung.

Media Tanam

Untuk merawat tanaman ini tentu kita memerlukan media tanam yang tepat untuk membantu pertumbuhan dan perkembangan tanaman. Media tanam yang digunakan harus memiliki nutrisi yang cukup, porous dan bisa menahan kelembaban tapi tidak terlalu basah.

Baca Juga: Mengenal Tanaman Anthurium Regale dan Harganya di E-commerce 2021

Untuk membuat media tanam yang tepat, gunakan campuran tanah dan lumut spaghnum yang bisa membuat air lebih mengalir, karena jika air tertahan dan media tanamnya terlalu basah akan lebih memudahkan hama dan penyakit menyerang tanaman, seperti busuk akar akan lebih cepat menyerang.

Selain itu, suhu juga perlu diperhatikan untuk menumbuhkan Philodendron pink princess. Suhu yang baik untuk pertumbuhan tanaman ini adalah 16-29 derajat Celcius sehingga hal ini membuat tanaman dapat tumbuh dengan baik di dalam ruangan ber AC.

Baca Juga: Mengenal Syngonium Pink Splash, Berapa Harganya di E-commerce?

Harga

Tanaman ini termasuk langka dan unik karena kombinasi warnanya. Hal tersebut membuat harganya menjadi lebih mahal dibandingkan dengan jenis lainnya. Philodendron pink princess berukuran kecil dengan daun 3-5 helaian biasanya dibanderol dengan harga 2,5 juta rupiah. Dengan demikian tentu harga untuk tanaman yang memiliki ukuran yang lebih besar akan lebih mahal lagi.

Itulah sekilas informasi mengenal Philodendron pink princess. Semoga informasi dalam artikel ini bermanfaat ya. (ira)

(content partnership IG @amani.jungle, tiktok amani.jungle)

 

Tonton video menarik ini:

 

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here