Home Populer Mengenal Philodendron Spiritus Sancti dan Harganya

Mengenal Philodendron Spiritus Sancti dan Harganya

Agrozine.id – Philodendron spiritus sancti masuk dalam daftar tanaman hias paling banyak dicari saat ini dan bahkan hal tersebut membuat harga tanaman ini semakin meningkat. Berdasarkan penelusuran di marketplace, harga tanaman hias yang satu ini mencapai puluhan juta rupiah. Lalu apakah anda sudah mengenal Philodendron spiritus sancti ini? Simak ulasannya dalam artikel ini.

Philodendron spiritus sancti adalah salah satu jenis tanaman hias keluarga Araceae dan termasuk dalam kelompok tanaman aroid. Tanaman ini dipublikasikan pada tahun 1987 oleh George Bunting. Philodendron spiritus sancti ditemukan di Brasil di daerah Espirito Santo dekat kota Domingos Martins.

Tanaman ini tumbuh di ketinggian 800 mdpl dan termasuk kedalam kelompok tanaman pemanjat atau dikenal dengan istilah hemiepifit. Adapun yang dimaksud dengan hemiepifit adalah tanaman yang tumbuh di tanah kemudian memanjat pohon atau spesies yang mulai hidup sebagai epifit dan kemudian memanjat ke bawah untuk berakar di tanah.

Baca Juga: Mengenal Monstera adansonii atau Janda Bolong, Tanaman Hias Bernilai Tinggi

Philodendron spiritus sancti ditopang dengan tangkai daun yang memiliki panjang sekitar 35-60 cm dengan bilah berwarna hijau tua kusam. Namun spesies yang dibudidayakan biasanya memiliki ukuran yang lebih kecil dibandingkan dengan tanaman di habitat alaminya.

Tanaman ini memiliki daun dengan permukaan abaksial (permukaan bawah daun) yang berwarna lebih pucat, sedangkan tepi daunnya atau yang dikenal dengan vinaceous berwarna ungu.

Philodendron spiritus sancti ini dapat tumbuh dengan baik dengan media tanam berupa campuran antara daun kering, lumut, sedikit tanah dan kulit kayu untuk menahan kelembaban sehingga tanaman tidak kering.

Menurut Dr Goncalves dan Emerson Salviani saat ini hanya ada sekitar enam spesies philodendron yang sangat langka dan hampir punah dan salah satu diantaranya adalah Philodendron spiritus sancti ini.

Baca Juga: Mengenal Raphidophora Tetrasperma, Monstera Khas Indonesia yang 
Sempat Laku Rp 77 Juta

Di Brasil sendiri, Philodendron spiritus sancti ini juga dikenal dengan sebutan Philodendron leopaldina dimana nama tersebut dikaitkan dengan kota dan wilayah tempat tanaman ini pertama kali diperkenalkan kepada mayoritas penggemar tanaman pada tahun 1983. Namun perlu diketahui juga bahwa nama Philodendron leopaldina adalah nama umum yang juga digunakan oleh penjual tanaman hias untuk banyak tanaman selain Philodendron spiritus sancti ini. Saat ini, Phiodendron spiritus sancti dijual dengan harga mencapai puluhan juta rupiah.

Itulah sekilas informasi mengenal Philodendron spiritus sancti. Semoga informasi ini bermanfaat dan dapat menambah pengetahuan tentang tanaman hias. (ira)

 

(content partnership IG @amani.jungle, tiktok amani.jungle)

 

Tonton video menarik ini:

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here