Home Perikanan Mengenal Phronima Suppa, Pakan Alami Ikan dan Udang Berkualitas Tinggi

Mengenal Phronima Suppa, Pakan Alami Ikan dan Udang Berkualitas Tinggi

Mengenal Phronima suppa

Agrozine.id – Phronima suppa, pakan alami ikan dan udang yang memiliki kualitas tinggi ini berasal dari daerah Sulawesi Selatan. Udang windu sebagai salah satu komoditas ekspor yang paling diminati dari Indonesia, berhasil ditingkatkan hasil produksinya berkat pakan Phronima suppa ini. Dalam artikel ini, kita akan mengenal Phronima suppa sebagai pakan alami untuk tingkatkan produksi udang dan ikan.

Mengenal Phronima Suppa

Pakan alami ikan dan udang ini hidup secara alami, seperti nama julukan yang dimiliki, maka pakan alamai ini hanya ada di wilayah Kecamatan Suppa dan Lanrisang Pinrang, Sulawesi Selatan. Dilansir dari akun resmi @kkpgoid, berikut ini adalah keunggulan Phronima suppa sebagai pakan alami ikan dan udang yang berkualitas tinggi.

Baca Juga : Apa Saja Pakan Alami untuk Ikan Nila?

  • meningkatkan supply kebutuhan pakan alami harian
  • tumbuh di alam dan dapat berkembangbiak dalam skala laboratorium
  • alternatif pakan benih ikan selain artemia
  • mengurangi biaya produksi benih ikan atau udang untuk para pelaku tambak atau budidaya
  • memiliki pertumbuhan sr yang sangat baik
  • peningkatan panen dalam sehari mencapai 300-600 ribu ekor
  • selain sebagai pakan, juga berfungsi sebagai pengurai yang dapat memperbaiki lingkungan tambak

Mengenal Phronima suppa sangat penting, pasalnya keberadaan Phronima suppa ini menjadi indikator bangkitnya udang windu di kawasan yang terserang virus dan penyakit WSSV dan V di daerah Kabupaten Pinrang, Sulawesi Selatan.

Menurut beberapa penelitian, Phronima suppa ini memiliki kandungan nutrien dan berperan penting dalam membangun sistem imunitas internal pada udang juga memperbaiki struktur tanah dan lingkungan perairan.

Di Kabupaten Pinrang, pemberian pakan Phronima suppa berhasil meningkatkan produksi udang windu hingga mencapai 70% dan pada masa pemeliharaan 47 hari,pemberian pakan Phronima suppa ini berhasil meningkatkan panen hingga 285 kg per hektar.

Karena saat ditemukan hanya berada di wilayah Pinrang, maka Phronima suppa ini dianggap sebagai mikroorganisme yang endemik. Pembesaran udang windu pada petak pembesaran dengan pakan Phronima suppa dilakukan dengan dua metode yaitu metode moduler dan integrasi dengan petak stok yang dikenal dengan istilah “Bank Phronima”.

Baca juga : 6 Jenis Pakan Alami Ikan Mas Agar Cepat Besar

Dalam setahun petambak udang bisa menghasilkan hasil panen dalam tiga kali sikus pemanenan. Dalam 20 hari populasi Phronima cukup untuk memenuhi pakan cukup untuk memenuhi kebutuhan pakan 10.000-15.000 ekor udang.

Mengenal Phronima suppa dalam meningkatkan keberhasilan tambak udang windu telah terbukti. Selain udang windu, organisme ini juga bisa digunakan sebagai pakan alami ikan. (ira)

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here