Home Biodiversitas Mengenal Pohon Maple Yang Mempesona

Mengenal Pohon Maple Yang Mempesona

Agrozine.id – Saat musim gugur di negara subtropis seperti Kanada, mata kita akan terpesona saat melihat keindahan pohon maple. Saat di mana daun-daun pohon maple berubah warna dari hijau, kuning, lalu menjadi oranye atau kemerahan.  Oleh karena keindahan warna daunnya, maple atau acer merupakan salah satu tumbuhan yang menjadi buruan kolektor tanaman hias. Selain warnanya, daun maple mempunyai bentuk yang sangat unik, setiap helai daun memiliki 5 sisi lancip. Daunnya mempunyai warna unik dan bervariasi sesuai dengan spesiesnya.

Habitat asli maple berasal dari negara-negara yang memiliki 4 musim. Di Kanada misalnya, tumbuh pohon sugar maple, yaitu pohon maple tertua yang telah berusia lebih dari 500 tahun. Tidak heran kalau daun maple menjadi lambang negara Kanada. Pohon ini berada di habitat asli dengan iklim dingin dan kondisi lingkungan lembap. Tumbuhan ini memerlukan pasokan air yang harus tercukupi sehingga bila lingkungannya tidak mendukung maka daun-daunnya akan gugur.

Pohon maple tumbuh secara alami dengan tinggi batang antara 10 sampai 45 meter. Pohon ini juga memiliki keunikan yang tidak dimiliki pohon lain, yaitu pada waktu tertentu batangnya akan mengeluarkan getah yang rasanya manis dan biasa dijadikan sirup.

Pohon maple terdiri dari 125 spesies yang tersebar di seluruh dunia, meliputi Asia, Amerika, Eropa, dan Afrika. Spesies Acer saccharum adalah jenis maple yang hidup di kawasan Amerika Utara, sedangkan Acer laurinum adalah maple yang hidup di bagian selatan yang dapat hidup di wilayah tropis.

Pohon maple yang berasal dari wilayah subtropis juga dapat dikembangkan di daerah tropis, asalkan diperlakukan seperti kondisi habitat aslinya. Hal itulah yang menyebabkan sebaran maple spesies subtropis cukup terbatas dan sulit dikembangbiakkan di negara tropis seperti Indonesia.

Spesies Maple yang Tumbuh di Indonesia

Meskipun umumnya pohon maple berasal dari wilayah subtropis, namun ada juga spesies pohon ini yang tumbuh di wilayah tropis seperti Indonesia. Spesies Acer laurinum adalah jenis pohon maple kawasan tropis yang bisa dijumpai di kawasan hutan pegunungan dari Sumatera, Jawa, Nusa Tenggara, dan Sulawesi Selatan. Jenis ini tumbuh tinggi, tegak dengan kayu batang yang keras. Sistem percabangan dan ranting pohon ini tidak beraturan. Batangnya berwarna cokelat dengan bercak-bercak krem dan putih. Daunnya berjenis majemuk dengan sistem pertulangan menyirip tunggal. Bentuk daun berbentuk oval dan berwarna hijau. Pada bagian atas daun, warnanya sedikit lebih pucat. Pada musim tertentu ketika kondisi iklim mulai menghangat, pohon ini akan menggugurkan daun-daunnya.

Pohon maple Acer laurinum ini juga menghasilkan buah. Hanya saja, tekstur buahnya sedikit berbeda dari jenis-jenis maple kebanyakan. Buah maple Acer laurinum bobotnya lebih ringan dibanding buah maple pada umumnya dengan bentuk pipih dan menyerupai halter. Ketika buahnya telah masak dan mengering, secara perlahan buah akan terlepas dari ranting karena tiupan angin. Pohon ini sekarang sudah sulit ditemukan. Di Kebun Raya Cibodas terdapat dua kelompok Acer laurinum, masing-masing dari Jawa Barat dan Sulawesi Selatan. (das)

(Sumber Foto: thetreecenter.com)

(content partnership IG @amani.jungle, tiktok amani.jungle)

Tonton video menarik ini:

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here