Home Kampus Program Studi S-1 Biokimia IPB University, First In Indonesia

Program Studi S-1 Biokimia IPB University, First In Indonesia

Sumber foto: biokimia.ipb.ac.id

Agrozine.id – Biokimia berasal dari kata bio (kehidupan) dan kimia. Jadi, biokimia adalah ilmu yang membahas tentang dasar-dasar kimia dari kehidupan. Biokimia membahas tentang zat-zat kimia penyusun tubuh makhluk hidup, serta berbagai reaksi dan proses kimia yang berlangsung di dalam tubuh makhluk hidup. Reaksi dan proses kimia yang berlangsung di dalam tubuh makhluk hidup atau didalam sel dinamakan metabolisme. Oleh karena itu, biokimia mencakup atau bersinggungan dengan biologi sel dan biologi molekuler.

Biokimia menjadi landasan penting bagi berbagai ilmu pengetahuan hayati lainnya, mulai dari biologi sel, biologi molekuler, bioteknologi, genetika, imunologi, mikrobiologi, taksonomi, hingga paleonthologi. Bidang kesehatan, lingkungan, pertanian, dan peternakan juga membutuhkan biokimia sebagai dasar atau landasannya. Oleh karena itu, biokimia merupakan ilmu yang esensial untuk hampir seluruh ilmu-ilmu hayati (life sciences).

Untuk menyiapkan sumber daya manusia unggul di bidang biokimia, IPB University menyediakan Program Studi (Prodi) Sarjana (S1) Biokimia. Program studi ini merupakan salah satu dari sembilan prodi yang ada di Fakultas Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam IPB University.

Istimewanya, Program Studi Biokimia IPB University merupakan satu-satunya prodi sarjana yang ada di Indonesia dan mendapatkan akreditasi internasional dalam bidang Ilmu Hayati dari The Accreditation Agency for Study Programmes in Engineering, Informatics, Natural Sciences, and Mathematics (ASIIN).

Ada banyak hal yang dipelajari jika kamu berkuliah di Prodi S1 Biokimia IPB University, diantaranya kamu akan belajar tentang DNA, protein, pengembangan obat, isolasi senyawa, dan metabolisme tubuh manusia. Kamu bisa memilih satu dari tiga bidang/divisi keilmuan yang ada di Prodi Biokimia IPB University, yaitu biomolekuler, bioanalisis, dan metabolisme. Lulusan Biokimia IPB University akan menguasai prinsip dasar dan metode ilmu biokimia serta aplikasinya dalam bidang-bidang yang berkaitan.

Program Studi S-1 Biokimia IPB University telah menjalin hubungan erat dengan dunia industri, seperti Return Legacy, Sdn Bhd, PT BioSM Indonesia, PT Prodia Widyahusada Tbk, PT Biofarma, PT Nano Herbaitama Indonesia, PT Biomagg Sinergi Internasional, dan CV Madu Apiari Nusantara. Selain itu, prodi ini juga menjalin kerjasama internasional dengan sejumlah perguruan tinggi dunia, seperti Kagawa University (Jepang), Chang Gung University (Taiwan), Kasetsart University (Thailand), dan Universiti Putra Malaysia (Malaysia).

Lingkup prospek kerja lulusan Prodi S1 Biokimia IPB University sangat beragam. Mereka bisa memilih sesuai minat di bidangnya. Lulusannya bisa berkarier di dunia pendidikan dengan menjadi tenaga pendidik, peneliti di industri pangan, ataupun industri medis dan kesehatan. Mereka juga bisa mengamalkan ilmunya di berbagai instansi pemerintahan, seperti Kementerian Kesehatan, Badan Pengawas Obat dan Makanan (BPOM), Lembaga Pengkajian Pangan, Obat-obatan, dan Kosmetika Majelis Ulama Indonesia (LPPOM MUI), Badan Penyelenggara Jaminan Produk Halal (BPJPH), serta Kementerian Pertanian. Selain itu,kesempatan berwirausaha di bidang kimia  terapan juga terbuka lebar. (das)

Yuk Sobat, Tonton Video Menarik Ini:

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here