Home Perkebunan Mengenal Prospek Kerja Jurusan Agronomi

Mengenal Prospek Kerja Jurusan Agronomi

Agrozine.id – Memiih jurusan adalah hal yang penting sebelum memutuskan untuk melanjutkan pendidikan ke Perguruan Tinggi. Saat ini ada banyak jurusan kuliah yang menarik untuk dipilih. Tidak ketinggalan juga Fakultas Pertanian yang memiliki beberapa jurusan di dalamnya. Salah satunya adalah agronomi yang memiliki prospek kerja luas.  Yuk mengenal prospek kerja jurusan agronomi.

Agronomi adalah jurusan kuliah pertanian yang menjadi ujung tombak pertanian di Indonesia. Secara defenisi agronomi adalah ilmu yang mempelajari budidaya tanaman dengan produksi yang optimum,lestari dan berkelanjutan. Agronomi mencakup bidang ilmu genetika tanaman, fisiologi tanaman, meteorologi dan ilmu tanah.

Meski terkesan memiliki bidang yang sempit yaitu pertanian,tapi sebenarnya prospek kerja jurusan agronomi cukup luas loh. Lulusan agronomi bisa bekerja di berbagai institusi baik pemerintah maupun swasta. Nah di bawah ini beberapa prospek kerja buat kamu lulusan agronomi.

Prospek Kerja Jurusan Agronomi

1.Jadi Petani 

Tentu aneh jika lulusan pertanian tidak bekerja pada profesi ini. Namun nyatanya  zaman sekarang memang banyak orang yang menganggap profesi petani itu bukan untuk dikerjakan oleh anak muda,sehingga banyak anak muda lulusan pertanian yang malah memilih kerja kantoran. Tapi dengan ilmu yang sudah kamu pelajari selama kuliah tentu bisa menjadi bekalmu memajukan bidang pertanian.

2.Lembaga Pemerintah

Lulusan agronomi tentu banyak dibutuhkan di Lembaga pemerintahan terutama di kementerian pertanian. Selain di kementerian pertanian,lulusan agronomi juga memiliki prospek kerja di sektor lain lembaga pemerintahan seperti Bapeda, Kementerian Kehutanan,Perkebunan, Dinas tata kota dan masih banyak lagi.

3.Bidang Akademik

Lulusan agronomi juga bisa bekerja di bidang Pendidikan. Salah satunya adalah menjadi dosen pertanian. Dengan begitu ilmu yang sudah kamu pelajari selama kuliah bisa dibagikan kepada orang lain.

4.Sektor Swasta

Selain di Lembaga pemerintahan,lulusan agronomi juga memiliki prospek kerja di bidang swasta baik skala besar, menengah ataupun skala kecil. Banyak perkebunan besar yang bisa kamu tuju setelah lulus kuliah. Salah satunya adalah perkebunan kelapa sawit yang pasti membutuhkan lulusan agronomi.  Selain itu banyak juga perusahaan pupuk, pembibitan dan penyediaan benih yang bisa jadi tujuan kerja para lulusan agronomi. Saat ini sektor swasta sangat diminati oleh para lulusan pertanian.

5.Perbankan

Memang tidak dapat dipungkiri,sektor perbankan menjadi bidang yang banyak diminati para lulusan universitas tak terkecuali lulusan agronomi. Sektor pertanian dan bank memang memiliki hubungan yang dekat karena pada kenyataannya petani juga menabung di bank. Para lulusan agronomi yang bekerja di bank bisa menjembatani kebutuhan petani dengan kepentingan ekonomi. Nyatanya bank juga sangat meminati lulusan pertanian.

6.Lembaga Swadaya Masyarakat (LSM)

Lulusan agronomi yang bekerja di LSM bisa menjadi pendamping atau penyuluh pertanian yang memberikan penyuluhan kepada para petani agar dapat meningkatkan hasil produksinya.

Nah itulah prospek kerja jurusan agronomi yang bisa menjadi pilihan bagi kamu yang sedang kuliah di jurusan ini. Jurusan agronomi sangat dibutuhkan di berbagai bidang, tapi pilihan ada di tanganmu untuk memilih pekerjaan dan bidang yang kamu minati. (ira)

 

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here