Home Populer Mengenal Raphidophora Foraminfera dan Harganya

Mengenal Raphidophora Foraminfera dan Harganya

Agrozine.id – Tren tanaman hias sedang meningkat saat ini, tak terkecuali dengan tanaman hias Raphidophora. Salah satunya adalah Raphidophora foraminifera. Dalam artikel ini Agrozine.id akan mengajak anda untuk mengenal Raphidophora foraminifera secara lebih detail lengkap dengan harganya.

Tanaman hias ini berukuran besar dengan tinggi bisa mencapai 15 meter dan termasuk dalam jenis tanaman hias merambat. Raphidophora foraminifera memiliki batang yang memanjang, berdaun lebat dan di permukaan atas daunnya tepatnya pada pucuk aktif terdapat lendir berwarna hitam. Tanaman ini merupakan salah satu anggota keluarga Araceae sama seperti monstera.

Raphidophora foraminifera tersebar di Semenanjung Malasyia (Pahang dan Perak), Sumatera dan seluruh Kalimantan. Tanaman ini memiliki daun yang cukup lebar berwarna hijau di bagian tengahnya. Lendir hitam yang terdapat pada daun semakin lama akan mengering dan meninggalkan sisa seperti perkamen pada tangkai daun.

Baca Juga: Mengenal Tanaman Anthurium Regale dan Harganya di E-commerce 2021

Raphidophora foraminfera ini termasuk spesies tanaman berbunga. Untuk nama dagangnya, tanaman hias ini sering juga disebut Raphidophora foraminifera duda bolong. Sama seperti namanya, daun tanaman ini memang memiliki lubang di bagian tengahnya dekat dengan tulang daun.

Daun tanaman Raphidophora foraminifera berukuran lebar dan menjuntai ke bawah. Tangkai daunnya panjang dan tanaman ini biasanya tumbuh merambat atau memanjat di pohon jika ditemukan di habitat aslinya. Tanaman hias satu ini menyukai tempat yang lembab dan tidak terlalu suka dengan paparan cahaya matahari sehingga lebih cocok jika ditempatkan di lokasi yang teduh atau jika dibiarkan di bawah paparan sinar matahari sebaiknya diberi pelindung seperti paranet.

Tanaman ini dapat diperbanyak menggunakan bonggol. Namun waktu yang dibutuhkan sampai muncul tunas baru dari bonggol biasanya akan lebih lama jika dibandingkan dengan perbanyakan menggunakan metode stek batang.

Karena menyukai lokasi yang lembab, maka media tanam yang digunakan untuk budidaya tanaman ini juga biasanya adalah media tanam yang porous agar bisa mengalirkan kelebihan air sehingga akar tanaman tidak terendam yang bisa mengakibatkan terjadi kebusukan pada akar.

Baca Juga: Mengenal Raphidophora Tetrasperma, Monstera Khas Indonesia yang 
Sempat Laku Rp 77 Juta

Untuk harga tanaman ini dijual dengan harga yang bervariasi tergantung dengan usia dan ukuran tanaman. Tanaman untuk usia dewasa dibanderol mulai dari harga Rp 300 ribuan hingga jutaan rupiah, namun untuk tanaman anakan dibanderol dengan harga dibawah Rp 150 ribuan.

Itulah sekilas informasi mengenal Raphidophora foraminifera. Semoga informasi ini bermanfaat. (ira)

(content partnership IG @amani.jungle, tiktok amani.jungle)

 

Tonton video menarik ini:

 

 

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here