Home Perikanan Mengenal Satwa Endemik Langka Iguana Laut asal Galapagos

Mengenal Satwa Endemik Langka Iguana Laut asal Galapagos

Iguana Laut asal Galapagos

Agrozine – Galapagos dikenal sebagai habitat beberapa jenis satwa endemik. Salah satunya adalah iguana laut, spesies iguana yang hanya dapat ditemukan di Kepulauan Galapagos, Ekuador. Penelitian yang dilakukan Charles Darwin di Galapagos membawanya menemukan teori seleksi alam. Selain itu, pakar pengetahuan alam asal Inggris ini mencatat penampakan terakhir iguana di Pulau Santiago pada 1835. Dalam artikel ini, kita akan mengenal lebih lanjut spesies iguana iguana laut asal Galapagos, satwa endemik langka yang jarang ditemukan. Simak ulasannya!

 

Iguana Laut asal Galapagos

Iguana laut (Amblyrhynchus cristatus) merupakan spesies iguana yang hanya ditemukan di Kepulauan Galapagos. Menariknya, iguana laut merupakan satu-satunya spesies kadal yang berenang dan mencari ganggang sebagai makanannya di laut. Satwa ini hidup ditemukan di sekitar rawa-rawa, hutan bakau, dan pantai. Mereka hidup berkoloni di pantai berbatu dan berjemur setelah mengunjungi air yang dingin atau zona intertidal. Setelah kawin, iguana laut betina akan menggali lubang sarang di tanah sebagai tempat bertelir dan membiarkannya menetas sendiri selama beberapa bulan.

Keberadaan Iguana Laut Galapagos

Kepulauan Galapagos sendiri telah ditetapkan sebagai Situs Warisan Dunia UNESCO.

Sementara itu, fenomena El Niño secara berkala dapat menurunkan populasi iguana laut hingga 85 persen karena kekurangan pasokan makanan. Dalam status konservasi, iguana laut terdaftar dalam spesies rentan berdasarkan IUCN Red List. Satwa ini juga dilindungi oleh hukum Ekuador dan terdaftar di CITES Appendix II. Pemangku kepentingan telah berupaya menilai risiko pencemaran plastik laut terhadap hidup iguana sebagai bagian dari program Galapagos Bebas Polusi Plastik.

 

Keunikan Iguana Laut asal Galapagos

Warna iguana laut dewasa cenderung berwarna hitam sepanjang tahun. Namun, iguana jantan dapat merubah warna kulitnya selama musim kawin berdasarkan subspesies dan warna yang berbeda. Pada populasi iguana laut di dekat Española dan Floreana, warnanya dapat merubah menjadi hijau terang dan merah. Sementara di Santa Cruz, kadal ini dapat berubah warna hingga terlihat merah dan hitam dan di Fernandina bertransformasi menjadi warna hijau kusam dan merah bata.

Iguana Laut bernapas dengan paru-paru, namun memiliki kemampuan untuk menyelam hingga kedalaman 20 meter dan menahan nafas selama 30 menit. Iguana laut juga dapat beradaptasi dengan cara mengecilkan ukuran tubuhnya hingga 20 persen agar kebutuhan makanannya berkurang. Ukuran satwa ini akan kembali seperti semula ketika makanan kembali melimpah.

Nah, sekarang kita telah mengenal lebih lanjut karakteristik, keberadaan, serta keunikan dari iguana laut asal Galapagos. Satwa endemik satu ini memiliki banyak akal untuk bertahan hidup. Salah satunya denagn memanfaatkan keberadaan mockingbird. Burung ini akan mengeluarkan jeritan ketika elang mendekat, dan iguana laut akan segera kabur ke dalam laut atau bebatuan. (rin)

 

 

 

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here