Home Teknologi Mengenal SIMPAS: Sistem Aplikasi Resep Multiproduk Pertanian

Mengenal SIMPAS: Sistem Aplikasi Resep Multiproduk Pertanian

sistem aplikasi resep multiproduk

Agrozine.id – SIMPAS (Smart Integrated Multi-Product Prescription Application System) adalah sistem aplikasi resep multiproduk yang dikembangkan oleh seorang ahli agronomi dari sebuah perusahaan bernama AMVAC. Dengan adanya aplikasi ini akan memungkinkan petani untuk menerapkan beberapa produk pertanian secara preskriptif dalam satu cara mudah.

SIMPAS menggunakan SmartCartridges yang memungkinkan petani untuk secara urut menerapkan hingga tiga produk berbentuk butiran atau cair di dalam alur secara bersamaan saat menanam. Dan setiap wadah dalam aplikasi tersebut dapat menampung 20 pon butiran atau 2,5 galon produk cair seperti insektisida, fungisida, nematisida, mikronutrien dan masih banyak lagi.

Hanya saja aplikasi ini baru akan tersedia secara komersial pada musim tanam tahun 2021. Artinya, harus bersabar dulu karena tidak lama lagi bisa kita coba.

Sistem aplikasi ini dirancang untuk memberikan cara yang aman, efisien dan ekonomis untuk menerapkan input tanaman di dalam alur. Semua produk terkandung dalam wadah plug-and-play untuk mencegah paparan debu dan tumpahan.

Baca juga: Ini 5 Teknologi Andalan Pertanian Indonesia

Cara kerja sistem aplikasi ini bisa secara otomatis memuat informasi produk ke dalam sistem perangkat lunak yang diterapkan petani dengan membaca chip RFID (identifikasi frekuensi radio) pada setiap SmartCartridge.

Kemudian, chip ini juga akan melacak penggunaan produk saat menanam dan setelah kartrid dilepas. Lalu, sistem akan memindai chip kartrid yang dikembalikan dan akan menginformasikan jumlah produk yang tersisa di setiap wadah.  Petani cukup mengembalikan semua kartrid – terlepas dari berapa banyak produk yang tersisa – ke pengecer mereka setelah penanaman, dan mereka hanya akan membayar sesuai yang mereka terapkan.

Berdasarkan resep yang dikembangkan oleh ahli agronomi, sistem secara tepat memberikan tingkat yang tepat dari setiap larutan produk yang diaplikasikan sistem aplikasi resep multiproduk.

Baca juga: Ini Startup Budidaya Ikan Berbasis Aplikasi

AMVAC telah menyelesaikan pengujian di pertanian di lima negara bagian AS untuk sistem aplikasi SIMPAS ini. Pengujian sistem aplikasi ini dilakukan di Arkansas, Indiana, Iowa, Minnesota dan Nebraska oleh petani dan distributor seperti Helena Agri-Enterprises, Nutrien Ag Solutions, Asmus Farm Supply, Harvest Land Co-op dan Simplot Grower Solutions.

Salah satu petani dari Iowa, Jason Orr telah mencoba menggunakan sistem aplikasi di ladang jagungnya yang mengalami masalah cacing akar.  Pada musim semi 2020, Orr menanam 1.500 hektar dengan aplikasi resep multiproduk di perkebunan Case IH 1250 miliknya. Dia menerapkan Aztec 4.67, Counter 20G, dan produk seng granular. Hasilnya, cukup berhasil. Selama menanti kehadiran aplikasi ini dan semoga bermanfaat. (ran)

 

Tonton video menarik ini:

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here