Home Perikanan Mengenal Startup eFishery: Pemberi Pakan Ikan Otomatis

Mengenal Startup eFishery: Pemberi Pakan Ikan Otomatis

Startup eFishery

Agrozine.id – Sesuatu hal yang berlebihan tidaklah baik, begitu juga dalam pemberian pakan ikan secara berlebihan. Pemberian pakan ikan harus secara benar dan disesuaikan dengan kebutuhan nutrisi agar pertumbuhan ikan dapat berlangsung normal. Memberi makan secara berlebih (overfeeding) merupakan salah satu penyebab kematian ikan yang paling sering. Hal tersebut yang melatarbelakangi Gibran Huzaifah mendirikan startup eFishery bersama rekannya Chrisna Aditya.

Gibran melihat peluang dengan mengembangkan alat yang cerdas untuk pemberi pakan ternak ikan. Startup eFishery yang didirikan pada tahun 2013 selalu berupaya untuk menciptakan inovasi dalam bidang akuakultur. Produk mereka adalah alat pemberi pakan otomatis yang dapat dipasang di kolam dan bisa mendeteksi tingkat nafsu makan ikan-ikan untuk kemudian mengeluarkan makanan secara otomatis. Selain itu juga mampu mencatat data pemberian pakan hingga pertumbuhan ikan.

Startup IoT eFishery Terima Pendanaan Seri A Sebesar Rp59 Miliar

Startup eFishery mengembangkan Smart Feeder dengan menggunakan teknologi Internet of Things (IoT) yang terhubung dengan ponsel para pembudidaya. Sehingga, pembudidaya bisa lebih mudah dalam mengatur pemberian pakan ikan.

Sebagai perusahaan Aquaculture Intelligence pertama di Indonesia, eFishery terus berinovasi menciptakan Smart Feeder dengan menggunakan data dan teknologi. Startup eFishery berkomitmen untuk membantu seluruh pihak yang berada dalam ekosistem Akuakultur untuk meningkatkan produktivitas dan kualitas budi dayanya, lebih mudah untuk mendapatkan permodalan, mendapatkan akses untuk memperluas pasar, sementara masyarakat Indonesia dapat membeli ikan dengan harga dan kualitas yang lebih baik.

Hingga saat ini, ribuan unit eFishery sudah tersebar di ratusan titik di Indonesia, mulai dari Sumatera Utara hingga Nusa Tenggara Barat, dan Kepulauan Maluku. Ratusan kelompok pembudidaya ikan dan udang juga sudah mengembangkan bisnisnya bersama eFishery. Tidak hanya itu, kini eFishery telah mengembangkan sayapnya di berbagai negara, seperti Thailand, India, dan Banglades.

eFishery juga bekerjasama dengan Pemerintah Provinsi Jawa Barat yang didukung oleh Dinas Perikanan dan Peternakan Kabupaten Bogor menghadirkan program Kampung Perikanan Digital (KPD). eFishery menciptakan ekosistem bisnis budidaya ikan secara menyeluruh dan berkelanjutan, mulai dari lini produksi hingga ke lini distribusi.

Saat ini sudah ada tiga KPD yang diresmikan yaitu di Lampung Selatan (Lampung), Indramayu (Jawa Barat) dan Bogor (Jawa Barat). Gibran selaku CEO eFishery mengungkapkan kedepannya ingin membuat 1000 Kampung Perikanan Digital dalam 5 tahun ke depan. (ran)

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here