Home Pertanian Mengenal Startup RealmFive untuk Sistem Pertanian Digital

Mengenal Startup RealmFive untuk Sistem Pertanian Digital

realmfive

RealmFive Honored with Four AE50 Awards | RealmFive

Agrozine.id – Dalam bidang pertanian, teknologi digital dapat dimanfaatkan untuk mengawasi dan mengetahui kebutuhan tanaman. Melalui suatu sistem informasi, petani dapat mengontrol tanaman dari jarak jauh. Sistem Pertanian Digital atau disebut Digital Farming merupakan teknologi yang dapat memudahkan pengambilan keputusan secara praktis dan bermanfaat, teknologi ini membuat manajemen risiko di pertanian menjadi lebih mudah dan membantu meningkatkan potensi keuntungan secara berkelanjutan. Seperti halnya pada startup RealmFive yang menyediakan sebuah sistem digital untuk dunia pertanian yang sederhana, andal, dan teruji.

RealmFive ingin menciptakan sesuatu yang berkelanjutan dan dapat penghematan biaya  pada sistem pengumpulan data. Sehubungan dengan hal ini, perusahaan telah menyediakan sejumlah alat bersama dengan platform konektivitas yang berfungsi mengumpulkan, memfilter, dan berbagi data dengan cara yang canggih dan aman.

“Kami berupaya menyediakan solusi perangkat keras, perangkat lunak, dan otomatisasi dengan harga yang memungkinkan penggunaan yang dapat diskalakan di industri pertanian,” kata Craig Burnside, direktur hubungan bisnis RealmFive, menggambarkan alat lapangan yang dikembangkan oleh RealmFive.

Platform beroperasi sebagai sistem pengumpulan data seluruh pertanian yang hemat biaya, petani juga dapat memilih sensor mana yang akan dihubungkan dan apa yang harus dilakukan dengan datanya.

RealmFive bahkan menekankan bahwa seluruh sistem terbuka dalam artian memungkinkan petani untuk menghubungkan data mereka ke platform pihak ketiga pilihan mereka sementara pada saat yang sama semua perangkat dirancang untuk menahan lingkungan yang keras dari ladang.

Platform konektivitas terdiri dari tiga komponen utama yang disebut R5 Core, R5 Cloud dan R5 Click. R5 Core memungkinkan dapat membuat jaringan dengan beberapa teknologi modular. Data tersebut kemudian dikumpulkan di R5 Cloud yang aman. Lalu, data tersebut dapat diakses melalui R5 Click atau aplikasi lain.

RealmFive mencakup perangkat konektivitas serta dapat digunakan untuk pemantauan kelembaban tanah, peralatan dan cuaca, dan sebagian besar produk ini dapat diinstal dengan sedikit atau tanpa alat. Satu-satunya peralatan yang harus dimiliki petani sebelum pemasangan adalah komputer atau smartphone untuk mengakses data.

Namun, RealmFive juga berinovasi dalam pemasaran teknologinya yaitu dengan menawarkan model sewa dan menyediakan konektivitas dan layanan data. Hal tersebut memungkinkan pelanggan untuk menyewa atau membeli peralatan, hanya dengan membayar berlangganan tahunan yang mencakup biaya koneksi data minimum, akses ke R5 Click dan pelayanan pelanggan. (ran)

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here