Home Populer Mengenal Syngonium Kelas Sultan: Chiapense Variegata, Red Spot Tricolor, dan Strawberry Milk

Mengenal Syngonium Kelas Sultan: Chiapense Variegata, Red Spot Tricolor, dan Strawberry Milk

mengenal Syngonium kelas sultan

Agrozine.id – Tanaman Syngonium merupakan tanaman tropis yang sangat diminati banyak masyarakat Indonesia. Harga tanaman hias yang termasuk kedalam keluarga Araceae ini berkisar puluhan ribu hingga jutaan rupiah. Syngonium yang memiliki harga mahal seringkali disebut dengan tanaman sultan. Pada artikel berikut ini kita akan mengenal Syngonium kelas sultan. Ada apa saja? yuk simak!

Syngonium merupakan tanaman yang bentuk daunnya mirip seperti keladi. Daunnya yang sederhana, cantik serta hanya membutuhkan penyinaran matahari yang teduh, membuat tanaman ini cocok dijadikan sebagai tanaman indoor dan dapat mempercantik tampilan rumah kamu.

Syngonium memiliki penampilan yang unik dengan warna yang menarik, sehingga banyak orang tergiur untuk menanam tanaman ini di rumah mereka. Di antara banyaknya jenis Syngonium kelas sultan, kali ini kita akan membahas mengenai Chiapense Variegata, Red Spot Tricolor, dan Syngonium Strawberry Milk.

Syngonium Chiapense Variegata

Berbeda dari jenis syngonium lainnya, Syngonium Chiapense Variegata memiliki daun yang berwarna hijau matte dan tentunya dengan corak variegasi putih yang tersebar di permukaan daunnya. Jika biasanya daun Syngonium tipis, namun daun Syngonium Chiapanse Variegata cukup tebal. Bentuknya lebih lebar dan memanjang dengan ujung meruncing. Hal itulah yang membuat Syngonium satu ini cukup unik.

Tanaman hias yang satu ini menyukai cahaya yang sedang atau jangan sampai terkena cahaya matahari secara langsing. Syngonium Chiapense Variegata juga mudah dapat tumbuh baik dengan suhu sekitar 15 hingga 26 derajat Celcius.

Syngonium Chiapense Variegata menyukai kelembaban tinggi yaitu sekitar 60%. Meski begitu, saat melakukan penyiraman jangan sampai terlalu basah. Kamu bisa melakukan penyiraman kabut agar ujung-ujung daunnya tidak layu.

Harga Syngonium Chiapense Variegata ini sangat fantastis. Dalam sebuah pameran tanaman hias, jenis ini pernah terjual seharga Rp 20 juta untuk ukuran tanaman yang masih kecil. Pantas saja jika kita menyebutnya dengan Syngonium kelas sultan.

Syngonium Red Spot Tricolor

Syngonium Red Spot Tricolor ini tergolong jenis tanaman hias Syngonium kelas sultan. Sesuai dengan namanya, keunikan jenis ini yaitu terdapat variasi 3 warna berbeda pada satu daun. Variegasi putih, hijau, dan merah muda/ pink pada setiap daunnya terlihat menakjubkan.

Syngonium jenis ini termasuk tanaman hias indoor yang menyukai tempat yang minim sinar matahari. Penyiraman air dapat dilakukan secukupnya, dan pemupukan lebih baik menggunakan pupuk berbahan organik.

Syngonium Red Spot Tricolor menyukai kelembaban sedang hingga tinggi yaitu sekitar 60%. Tanaman ini dapat tumbuh baik dengan suhu antara 20 hingga 25 derajat Celcius.

Selain keindahan pada daunnya, Syngonium Red Spot Tricolor adalah salah satu jenis Syngonium langka. Maka dari itulah harga tanaman satu ini sangat mahal. untuk satu tanaman dengan 3 daun saja bisa dihargai mulai dari Rp 45 juta.

Syngonium Strawberry Milk

Satu lagi jenis Syngonium kelas sultan yang bisa kamu miliki adalah Syngonium Strawberry Milk. Seperti beberapa jenis Syngonium lain, Syngonium Strawberry Milk ini juga memiliki bentuk daun panah. Seperti jenis Red Spot Tricolor, ciri pada syngonium ini memiliki warna daun kombinasi warna yang berbeda pada setiap daunnya. Syngonium Strawberry Milk memiliki variegasi daun berwarna merah muda dan putih susu. Tanaman hias ini terlihat sangat cantik.

Tanaman ini termasuk kedalam kelompok tanaman aroid atau berasal dari keluarga Araceae. Syngonium Strawberry Milk ini menyukai tempat yang lembab tetapi tidak tahan air. Oleh karena itu media tanam untuk memelihara tanaman ini tidak boleh terlalu basah dan harus porous. Intensitas penyiraman tanaman ini juga tidak perlu terlalu sering. Dalam seminggu, penyiraman hanya perlu dilakukan 2-3 kali dalam seminggu.

Jika kamu tertarik untuk memiliki jenis Syngonium kelas sultan ini, kamu harus menyiapkan kocek sekitar Rp 35 juta. Bagaimana?

 

Nah, itulah informasi mengenai beberapa jenis Syngonium yang memiliki harga selangit. Setelah mengenal Syngonium kelas sultan, apakah kamu teratrik untuk memiliki salah satunya? Atau kamu sudah punya yang mana? (ran)

 

(content partnership IGĀ @amani.jungle, tiktokĀ amani jungle)

Tonton video menarik ini:

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here