Home Biodiversitas Mengenal Tabebuya, Pohon Penghijauan Berbunga Indah

Mengenal Tabebuya, Pohon Penghijauan Berbunga Indah

housing.com

Agrozine – Ini adalah pohon bersosok besar yang sering difungsikan untuk penghijauan sekaligus menambah keindahan lingkungan. Pohon tabebuya berasal dari negara Brasil, tepatnya di hutan Amazon. Seringkali tanaman ini dikira sebagai tanaman sakura karena saat berbunga bentuknya mirip bunga sakura. Namun, kedua tanaman ini sebenarnya tidak berkerabat.

Pohon tabebuya memiliki kelebihan, diantaranya daunnya tidak mudah rontok, bunganya yang lebat terlihat sangat indah, dan akarnya tidak merusak rumah atau tembok walau berbatang keras.

Karakter khas dari pohon ini adalah warna bunganya yang mencolok. Tabebuya memiliki warna bunga yang berbeda-beda, tergantung jenisnya. Ada warna kuning dan berbentuk terompet, ada juga yang berwarna putih, pink, ungu, bahkan merah tua. Terdapat motif garis warna ungu di dalam bunganya.

Banyak sekali varian tabebuya dari berbagai negara dalam genus handroanthus dan tabebuia dengan warna bunganya yang beraneka macam. Namun, varian yang sering dijumpai di Indonesia adalah yang bunganya berwarna kuning dengan panjang 3–11 cm, berbentuk terompet, dan bergerombol.

Tabebuya pada musim berbunganya mampu menghasilkan jumlah bunga yang sangat banyak dan tidak putus sejak awal musim kemarau hingga menjelang musim hujan. Bahkan, musim pembungaan tanaman ini dapat diatur melalui manipulasi pola pemupukan.

Umumnya, tinggi pohon ini bisa mencapai 49 m, tetapi adapula yang berukuran kecil. Pohon ini dapat menghasilkan beberapa batang yang menghasilkan bunga dalam jumlah banyak. Hampir semua varietas tanaman akan memiliki daun dengan warna keperakan yang merupakan ciri khasnya.

Habitat asli Tabebuya di Brasil, berada di daerah dengan iklim kering sehingga tanaman ini memiliki ketahanan hidup yang tinggi dalam cuaca kering. Hal ini sangat sesuai karena tanaman penghijauan umumnya dihadapkan pada kurangnya penyiraman di saat musim kemarau. Pohon ini adalah pohon hias populer yang dapat tumbuh di berbagai jenis tanah di daerah subtropis dan tropis.

Tabebuya adalah pohon dengan pemeliharaan rendah. Pemangkasan dibutuhkan hanya untuk menghilangkan tangkai yang mati atau rusak. Jarang ada hama atau penyakit yang mengganggu tanaman ini.

Jika kamu ingin menanam tabebuya di pekarangan rumah, ada dua jenis pohon tabebuya yang populer sebagai tanaman hias pekarangan, yaitu:

  • Tabebuya kuning (Handroanthus chrysotrichus) yang pohonnya besar mencapai tinggi 8 m
  • Tabebuya merah muda (Handroanthus impetiginosus atau Handroanthus heptaphyllus)

Di Indonesia, bunganya bermekaran sekitar bulan Maret dan April. Sedangkan di belahan negara selatan, bunga terompet merah muda ini mekar antara Juli dan September. Beda halnya lagi untuk jenis yang tumbuh daerah India.

Adapun waktu suburnya, yakni pada akhir tahun, Desember, hingga Januari. Pohon ini tumbuh subur di bawah sinar matahari penuh dengan dukungan kualitas tanah yang cukup subur dengan kelembaban sedang.

Demikianlah informasi tentang pohon tabebuya. Semoga bermanfaat, tetap semangat belajar, selamat berbudidaya, dan semoga sukses! (das)

Yuk Sobat, Tonton Video Menarik Ini:

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here