Home Perikanan Mengenal Tanaman Aquascape Java Moss untuk Perlindungan Telur dan Benih Ikan

Mengenal Tanaman Aquascape Java Moss untuk Perlindungan Telur dan Benih Ikan

Agrozine.id – Tanaman aquascape java moss memiliki nama latin Taxiphyllum barbieri  merupakan salah satu jenis lumut produktif dari famili Hypnaceae. Tanaman ini bisa menjdi perlindungan telur dan benih ikan di dalam akuarium.

Tanaman aquascape ini memiliki warna hijau terang dan di habitat aslinya tanaman ini dapat ditemukan di sungai atau rawa-rawa, biasanya menempel pada kayu apung atau batu. Tanaman java moss tidak sulit untuk dibudidayakan karena hanya membutuhkan CO2 dan pencahayaan yang sedikit. Tanaman ini sangat direkomendasikan bagi pemula yang ingin membuat kreasi dengan akuarium budidaya.

Namun tanaman java moss memiliki pertumbuhan yang lambat. Cabang moss dari daun tanaman ini sangat mudah menempel pada kayu atau batu. Aliran air dan filtrasi merupakan faktor penting untuk memelihara tanaman aquascape java moss ini.

Tanaman java moss dikembangbiakkan dengan cara memangkas cabang dari daunnya. Java moss diketahui dapat tumbuh bahkan dari cabang terkecilnya. Tanaman aquascape java moss dapat tumbuh di lokasi yang memiliki suhu 21-32 derajat celcius.

Tanaman ini sering juga disebut tanaman karpet aquascape low light yang mampu bertahan pada kondisi highlight. Tanaman aquascape ini menjadi primadona di kalangan pecinta ikan hias. Java moss bisa diletakkan di bagian belakang ataupun bagian depan akuarium.

Secara karakteristik, tanaman ini tidak rewel dalam artian mudah dalam perawatannya. Tanaman ini bisa tumbuh di berbagai kondisi pencahayaan,air dan nutrisi. Di dalam akuarium tanaman java moss akan tumbuh menyebar baik secara vertikal maupun horizontal dalam tiap lapisan.

Tanaman java moss dikenal sangat mudah dalam perawatannya, bahkan tanaman ini tidak membutuhkan substrat untuk tumbuh. Untuk pengaplikasiannya di dalam akuarium, bisa menggunakan benang atau tali pancing di dalam akuarium, lalu tunggu saja beberapa minggu sampai lumut ini menempel hingga menutupi benang.

Selain menggunakan benang atau tali pancing, tanaman java moss juga bisa tumbuh dengan cara dijepitkan. Tanaman ini bisa dijepitkan dengan kawat mesh sebagai media dinding lumut. Saat terjepit itulah tanaman moss akan tumbuh melalui lubang-lubang kawat. Waktu yang dibutuhkan untuk tanaman moss ini tumbuh memenuhi kawat mesh adalah satu bulan.

Demikian pembahasan tentang tanaman aquascape java moss. Semoga informasi ini bermanfaat. (ira)

 

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here