Home Pertanian Mengenal Tanaman Heliconia: Ciri Morfologi, Jenis, Manfaat

Mengenal Tanaman Heliconia: Ciri Morfologi, Jenis, Manfaat

tanaman heliconia rauliniana

Agrozine.id – Apakah kamu tahu tanaman Heliconia? Jika belum, yuk kita mengenal tanaman Heliconia lebih dalam lagi! Jadi, tanaman Heliconia atau yang lebih dikenal dengan sebutan tanaman pisang-pisangan merupakan salah satu tanaman hias yang sering kita jumpai di taman atau pekarangan rumah. Bentuk heliconia menyerupai pohon pisang dengan batang yang memiliki pelepah berukuran mungil. Tanaman yang satu ini memiliki bunga yang memiliki bentuk unik dan berwarna cantik.

Tanaman Heliconia mulai populer di Indonesia pada tahun 1997. Pada awalnya tanaman hias satu ini banyak ditemui di Amerika Latin, Asia Selatan, dan beberapa kepulauan Pasifik di Karibia.

Nah, daripada semakin penasaran, yuk simak ulasan mengenai tanaman Heliconia pada artikel ini sampai selesai ya!

Ciri Morfologi Tanaman Heliconia

  • Akar tanaman Heliconia adalah jenis akar serabut yang memiliki bentuk bulat
  • Tanaman Heliconia memiliki jenis batang semu dan pola percabangan monopodial. Bentuk penampang batangnya bulat dan memiliki pelepah. Tanaman ini bisa tumbuh hingga mencapai ketinggian 1-2 meter.
  • Tanaman ini memiliki jenis daun tunggal yang mana pelepah daunnya berbentuk batang. Tangkai daun beralur dan memiliki panjang sekitar 50 sampai dengan 75 cm. Helaian daun berbentuk lonjong, bagian tepi daun rata, ujung daun meruncing, dan pangkalnya membulat. Daun Heliconia memiliki pertulangan yang sifatnya menyirip dan permukaannya tertutup lilin dengan tekstur licin serta berwarna hijau.
  • Bunga heliconia termasuk jenis bunga majemuk yang bentuknya seperti tandan. Letak bunga biasanya di bagian ketiak daun dengan tangkai yang panjangnya sekitar 25 hingga 40 cm. Posisi bunga duduk yaitu berada dalam tenda bunga dan ujung tenda lancip.

Bunga pada tanaman ini juga memiliki 2 jenis kelamin yaitu putih dan benang sari. Kedua jenis kelamin tersebut memanjang keluar dari tabung mahkota. Sedangkan bagian dasar dari mahkota bunga berbntuk tabung dengan panjang kira-kira 3 sampai dengan 4 cm berwarna kuning dan tenda bunganya merah.Proses perkembangbiakan tanaman Heliconia yaitu melalui penyerbukan bunga ini.

  • Tanaman heliconia ini mempunyai jenis buah buni. Bentuk buahnya lonjong dengan panjang sekitar 4 – 6 cm dan berdiameter kira-kira 1 – 2 Cm. Buah pada tanaman heliconia ini juga memiliki warna merah yang mencolok.
  • Biji tanaman Heliconia berukuran kecil. Bentuk bijinya bundar, beralur seperti jalan dan warnanya hitam.

Jenis-jenis Tanaman Heliconia

Tanaman Bunga Pisang-Pisangan atau HELICONIA [Bungong - Bunga ...Tanaman Heliconia memiliki banyak spesies yang tersebar di seluruh dunia. Terdapat kurang lebih 250 spesies. Adapun yang paling populer di Indonesia antara lain yaitu jenis:

  • Heliconia caribae
  • Heliconia bihai
  • Heliconia collisiana
  • Heliconia rostrata
  • Heliconia wagneriana

Manfaat Tanaman Heliconia

Tanaman yang memiliki bunga cantik ini selain sebagai tanaman hias juga memiliki manfaat lainnya, seperti:

  • Obat sakit perut

Tanaman ini dapat dijadikan sebagai obat tradisional alami yang aman dikonsumsi. Caranya yaitu ambil tangkai daun tanaman Heliconia kira-kira 15 gram kemudian cuci hingga bersih dan dipotong kecil-kecil. Setelah itu rebus dengan 3 gelas air sampai mendidih selama kurang lebih 15 menit. Kemudian disaring untuk diambil sarinya dan air rebusan tersebut bisa diminum dua kali sehari pagi dan sore.

  • Menyerap polutan

Salah satu jenis tanaman yang bisa mengurangi pencemaran udara yaitu Heliconia. Tanaman ini mempunyai manfaat lain yaitu bisa menyejukkan udara yang ada disekitar. Dengan demikian, tanaman Heliconia ini sangat membantu dalam penyerapan polusi udara yang ada di sekitar tempat penanaman.

Demikianlah artikel tentang tanaman Heliconia. Setelah kamu mengenal tanaman Heliconia ini, apakah kamu berencana untuk menanamnya dirumah? Semoga informasi ini dapat bermanfaat ya. (ran)

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here