Home Populer Mengenal Tanaman Hias Marimo Ball “Si Bola Lumut Nan Cantik dan Menggemaskan”

Mengenal Tanaman Hias Marimo Ball “Si Bola Lumut Nan Cantik dan Menggemaskan”

Agrozine.id – Marimo mos ball memiliki sebutan lain yaitu the next pet rock. Tapi jangan salah, marimo adalah tanaman hias yang berbentuk seperti bola berserabut warna hijau. Mari mengenal tanaman hias marimo ball sebagai salah satu tanaman hias yang cantik dan bisa digunakan untuk memperindah ruangan di dalam rumah.

Marimo atau bola lumut memiliki nama ilmiah Aegagropila linnaei. Tanaman ini berasal dari Jepang dan penamaan marimo memiliki arti bola lumut. Mari berarti bola dan mo adalah nama umum tanaman yang tumbuh di air. Nama marimo diberikan oleh seorang ahli botani Jepang bernama Takiya Kawami pada tahun 1898.

Selain di Jepang, tanaman hias morimo juga dapat ditemukan di wilayah Islandia dan Eropa. Bentuknya yang unik menyerupai bola ini membuat banyak pecinta tanaman hias menyukai tanaman yang satu ini. Marimo populer sebagai salah satu tanaman peliharaan yang ridak merepotkan di Jepang. Tanaman ini diyakini bisa membawa keberuntungan bagi pemiliknya sehingga marimo juga ditetapkan sebagai harta nasional Jepang.

Marimo termasuk ke dalam golongan alga berserabut sehingga tidak membutuhkan banyak cahaya untuk pertumbuhnnya. Menanam marimo lebih terlihat mirip dengan memelihara ikan di dalam akuarium. Tanaman hias marimo memiliki manfaat untuk lingkungan yaitu sebagai filter alami dan dapat menyerap nitrat beracun di dalam air.

Namun jika dibiarkan terlalu lama airnya akan menjadi kotor. Karena itu air yang digunakan sebagai media tumbuh marimo harus diganti minimal dua minggu sekali dan tetap pada suhu kamar untuk menjaga bola lumut ini tetap dalam kondisi terbaiknya.

Tanaman marimo tidak boleh terkena sinar matahari secara langsung, karena akan mengubah warnanya menjadi coklat jika terlalu lama berada di tempat yang panas atau terlalu terang.

Tanaman hias marimo ball memiliki pertumbuhan yang cukup lambat. Dalam setahun, tanaman ini hanya bertambah 0,5-1 cm saja. Namun jika dirawat dengan baik dan benar, tanaman hias marimo bisa tumbuh hingga waktu yang lama bahkan sampai ratusan tahun. Tanaman hias cantik ini masih jarang ditemukan di Indonesia sehingga nama marimo masih terdengar asing bagi sebagian besar masyarakat di Indonesia. (ira)

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here