Home Hortikultura Mengenal Tanaman Takokak dan Khasiatnya

Mengenal Tanaman Takokak dan Khasiatnya

healthline.com

Agrozine – Sobat Agro pernah makan buah tanaman takokak?  Oleh masyarakat pedesaan di Indonesia, buahnya sering dijadikan sebagai lalapan atau pelengkap makanan. Selain itu, takokak juga digunakan sebagai obat herbal. Namanya dalam perdagangan internasional adalah turkey berry (buni turki) atau mini-eggplant (terung mini).

Takokak diperkirakan berasal dari Amerika bagian selatan dan pusat. Namun, ini saat ini takokak bisa ditemukan di berbagai penjuru dunia, termasuk Asia, Afrika, dan Kepulauan Pasifik. Takokak tumbuh liar di hutan-hutan semak dan hutan-hutan terbuka Indonesia. Hidup dari dataran rendah sampai pada ketinggian 1600 mdpl.

Takokak (Solanum torvum) atau terung pipit atau disebut juga rimbang adalah tumbuhan dari suku terung-terungan (Solanaceae). Takokak adalah tumbuhan semak kecil, yang tingginya dapat mencapai 5 m, tetapi umumnya kurang dari 2 m. Hampir semua bagian tumbuhan ini berduri, kecuali hanya buah yang ditutupi rambut. Daunnya bulat telur dengan pangkal seperti jantung atau membulat, dengan ujung yang tumpul. Panjang daun 7–20 cm dan lebarnya 4–18 cm.

Tangkai perbungaannya pendek, sering bercabang-cabang dan banyak bunganya. Bunganya berbentuk bintang berwarna putih dan tengahnya kuning. Buahnya berjenis buah buni, kecil, dan banyak. Pohon takokak dikenal tahan penyakit yang menyerang batang dan biasa dijadikan batang bawah untuk terung. Buahnya kehijauan menyerupai kacang polong dan memiliki ukuran sekitar 1-1,5 cm, menyerupai buah leunca.

Takokak mengandung antioksidan, protein, karbohidrat, air dan serat, buah takokak yang kaya manfaat juga mengandung sejumlah nutrisi, antara lain:

  • Zat besi: 76,86 miligram/kilogram
  • Mangan: 19,46 miligram/kilogram
  • Kalsium: 221,58 miligram/kilogram
  • Zinc: 21,46 miligram/kilogram
  • Vitamin A: 0.078 miligram/100 gram
  • Vitamin C: 2,68 miligram/100 gram

Warga Mandailing dan Tapanuli biasanya memanfaatkan rimbang sebagai campuran sayur daun ubi tumbuk (daun singkong tumbuk). Di Thailand, buah takokak muda menjadi bagian dari kari sayur yang populer. Orang Laos dan Kamboja juga memanfaatkan buahnya.

Manfaat buah takokak untuk kesehatan begitu banyak. Berikut khasiat buah takokak yang perlu Anda ketahui:

Melancarkan Pencernaan

Kandungan nutrisi dalam buah takokak berfungsi untuk melancarkan sistem pencernaan dan juga mengobati wasir. Tak hanya itu, buah takokak juga bermanfaat untuk menetralkan asam dalam lambung penyebab tukak lambung dan mencegah perkembangbiakan cacing dalam usus.

Mencegah Osteoporosis

Buah takokak yang kaya kalsium juga bermanfaat untuk mencegah terjadinya radang sendi hingga kerusakan tulang seperti osteoporosis. Rematik atau peradangan sendi bisa terjadi karena sistem kekebalan tubuh menyerang jaringannya sendiri. Ketika mengalami radang sendi, Anda akan merasakan kaku hingga bengkak.

Mencegah Risiko Kanker

Kandungan antioksidan solanin, solasodin dan solamargin pada buah takokak dapat mengurangi risiko kanker dengan menghambat pertumbuhan sel-sel abnormal di tubuh. Antioksidan dalam takokak disebut ampuh untuk meredakan gejala kanker paru-paru, kanker serviks, kanker payudara, kanker lambung, hingga kanker usus.

Mencegah Stroke dan Penyakit Jantung

Riset pada hewan yang dimuat dalam Journal of Ethnopharmacology menemukan bahwa takokak dapat menurunkan tekanan darah dengan signifikan. Selain itu, buah takokak juga mengandung antioksidan saponin, flavonoid, alkaloid, glikosida, dan tanin. Deretan senyawa tersebut mampu menurunkan tekanan darah dan mengurangi kadar kolesterol jahat dalam darah, penyebab penyakit kardiovaskular seperti stroke dan penyakit jantung.

Meningkatkan Daya Tahan Tubuh

Kandungan antioksidan dalam buah takokak bermanfaat untuk meningkatkan daya tahan tubuh. Takokak memiliki senyawa antiradang yang bermanfaat untuk mengatasi berbagai penyakit akibat peradangan. Jika Anda terkena flu, buah yang satu ini juga bisa menjadi solusi. Buah takokak juga bermanfaat untuk mencegah dan menyembuhkan flu, serta membersihkan lendir penyebab asma dan radang paru-paru.

Mengatasi Anemia

Buah takokak juga mengandung banyak zat besi yang diperlukan untuk memproduksi hemoglobin dan mengatasi anemia. Selain itu, buah takokak pun bermanfaat dalam melancarkan siklus menstruasi. Anemia defisiensi besi bisa terjadi jika tubuh kekurangan zat besi.

Mengatasi Asam Urat dan Radang Sendi

Salah satu manfaat buah takokak adalah mengatasi nyeri sendi. Kandungan senyawa antibakteri dan antiradang serta tinggi antioksidan pada buah takokak berfungsi untuk mengatasi berbagai gangguan kesehatan akibat nyeri sendi, seperti asam urat dan radang sendi. Caranya rebus 10-15 gram takokak, lalu minum airnya .

Mengatasi Diabetes

Kandungan antioksidan dalam buah takokak juga berfungsi untuk menurunkan gula darah penyebab diabetes. Buah takokak mengandung metil caffeate, sebuah zat fenolik alami yang memiliki efek antihiperglikemik.

Mengobati Disfungsi Ereksi

Kandungan nutrisi dalam buah takokak berfungsi memperlancar aliran darah ke seluruh tubuh, tak terkecuali ke penis. Aliran darah ke penis yang lancar mampu memperbaiki kerusakan saraf pada konektor neuron yang menghubungkan sistem kerja otak di penis. Dengan demikian, ereksi pun kembali normal.

Mengobati Mata Minus

Manfaat buah takokak untuk mata salah satunya adalah mengatasi minus. Manfaat takokak untuk mata ini karena kandungan kaya vitamin A. Untuk mendapatkan manfaatnya, disarankan untuk makan 5-10 biji buah takokak setiap hari dengan teratur.

Mengobati Penyakit Ginjal

Kandungan senyawa antiradang dalam buah takokak bermanfaat untuk mengembalikan fungsi nekrosis tubular dan glomerulus, serta menghindari terjadinya penyakit ginjal.

Selain itu, ada manfaat lain dari bagian-bagian tanaman takokak. Menurut penelitian, takokak dapat dijadikan bahan alami untuk alat kontrasepsi alamiah. Buah takokak dapat menahan kesuburan pria (inaktif-sperma) secara temporer selama kurang lebih 40 hari apabila dimakan.

Rebusan daun takokak bermanfaat untuk mengatasi berbagai penyakit seperti diabetes, jerawat, penyakit kulit, hingga demam. Kandungan antimikroba dalam daun takokak dipercaya efektif mengobati berbagai penyakit tersebut.

Akar tanaman takokak juga berkhasiat obat, yaitu untuk melancarkan pencernaan, mengobati sakit perut, nyeri ulu hati, rematik hingga gangguan siklus haid.

Meskipun mengonsumsi buah tanaman takokak dianggap aman untuk kesehatan, tetapi sebaiknya tidak dikonsumsi secara berlebihan dan pilihlah buah takokak yang sudah matang.

Demikian pengenalan tentang tanaman takokak. Semoga bermanfaat dan memotivasi kamu untuk turut menjaga kelestarian tanaman ini. (das)

Yuk Sobat, Tonton Video Menarik Ini:

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here