Home Biodiversitas Mengenal Undur-Undur, Serangga Unik Yang Berjalan Mundur

Mengenal Undur-Undur, Serangga Unik Yang Berjalan Mundur

Undur-Undur (Foto: creepycrawlys.com)

Agrozine –  Undur-undur yang juga dikenal sebagai “semut singa” adalah serangga kecil yang termasuk dalam famili Myrmeleontidae. Di dunia terdapat sekitar 2.000 spesies serangga ini, terutama di daerah hangat dan berpasir. Serangga ini juga dapat dijumpai di Indonesia. Yuk Sobat Agro, kenali lebih dekat hewan unik ini.

Ciri-ciri Undur-undur

  • Undur-undur memiliki tubuh yang pipih dan ramping dengan panjang sekitar 1-3 cm. Warnanya bervariasi, mulai dari cokelat, kuning, hingga hitam.
  • Kepalanya kecil dengan antena panjang dan ramping. Matanya besar dan majemuk, yang memungkinkannya melihat dengan baik dalam kondisi minim cahaya.
  • Mulutnya kecil dan berbentuk tabung, digunakan untuk menghisap mangsanya.
  • Serangga ini memiliki tiga pasang kaki yang kuat. Kaki depannya lebih panjang dan kuat dibandingkan kaki lainnya, dan digunakan untuk menggali lubang perangkap.
  • Memiliki dua pasang sayap yang transparan dan tipis. Saat dewasa, sayapnya digunakan untuk terbang.

Siklus Hidup Undur-undur

Serangga ini mengalami metamorfosis tidak sempurna, yang berarti mereka melewati tiga tahap dalam hidup mereka:

  1. Telur: Serangga ini bertelur di tanah. Telurnya kecil dan berwarna putih.
  2. Larva: Larvanya dikenal sebagai “semut singa”. Larva ini memiliki kepala besar dan rahang yang kuat. Mereka hidup di tanah dan membuat lubang perangkap untuk menangkap mangsanya.
  3. Dewasa: Setelah beberapa minggu, larvanya berubah menjadi pupa. Pupanya tidak bergerak dan tidak makan. Setelah beberapa hari, pupa berubah menjadi undur-undur dewasa.

Perilaku Undur-undur

  • Membuat Lubang Perangkap: Larvanya membuat lubang perangkap di tanah yang berbentuk kerucut. Lubang ini digunakan untuk menangkap mangsa, seperti semut, kumbang, dan serangga kecil lainnya.
  • Berjalan Mundur: Serangga ini dikenal karena kemampuannya berjalan mundur. Hal ini membantu mereka untuk menghindari mangsanya dan kembali ke lubang perangkap mereka.
  • Terbang: Undur-undur dewasa memiliki sayap dan dapat terbang. Mereka biasanya terbang di malam hari untuk mencari mangsa.
  • Beberapa spesiesnya dapat mengeluarkan suara mendesis untuk menakut-nakuti mangsanya.

Manfaat Undur-undur

Undur-undur adalah serangga yang bermanfaat. Mereka membantu mengendalikan populasi serangga kecil, seperti semut dan kumbang, yang dapat menjadi hama bagi tanaman.

Berdasarkan informasi tersebut, dapat disimpulkan bahwa undur-undur adalah serangga kecil yang unik dan menarik. Hewan ini memiliki banyak ciri-ciri dan perilaku yang menarik, serta memainkan peran penting dalam ekosistem. (das)

Yuk Sobat, Tonton Video Menarik Ini:

https://www.youtube.com/watch?v=OEIaAJtARPA

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here