Home Pertanian Mengubah Lahan Tidur Menjadi Pertanian Organik, Antarkan Yal Yadian Menjadi Nominator Kalpataru...

Mengubah Lahan Tidur Menjadi Pertanian Organik, Antarkan Yal Yadian Menjadi Nominator Kalpataru 2020

Yal yudian nominator kalpataru 2020

Agrozine.id – Setelah sebelumnya mendapat beberapa penghargaan, Yal Yadian kini kembali dinobatkan sebagai kategori perintis lingkungan di Kabupaten Sijunjung, Sumatera Barat dan masuk menjadi nominator Kalpataru 2020 tingkat nasional yang diselenggarakan oleh Kementerian Lingkungan Hidup dan Kehutanan (KLHK).

Penghargaan Kalpataru merupakan bentuk apresiasi tertinggi yang diberikan kepada para pejuang lingkungan hidup dan kehutanan. Setidaknya, ada empat kategori penghargaan Kalpataru diantaranya, Perintis Lingkungan, Pengabdi, Penyelamat dan Pembina Lingkungan.

Dari Penghargaan Leon Agusta Institut, Hingga Jadi Pemuda Pelopor Sumbar, Yal Yudian Kembali Dapat Penghargaan

Pemuda asal Nagari Padang Laweh Selatan, kecamatan Koto VII, Kabupaten Sijunjung ini masuk nominasi kalpataru karena dinilai telah berkontribusi baik terhadap lingkungan dan masyarakat. Perlu diketahui, pada tahun 2015 lalu, Yal Yadian juga sempat terpilih sebagai pemuda Pelopor Sumbar dan penghargaan kebudayaan PAGA AWARD dari Leon Agusta Institut berkat kegigihannya dalam membina warganya dalam banyak hal, salah satunya yaitu dengan mengajar membaca .

Kegigihan pemuda yang aktif di bidang olahraga ini tidak sampai disitu saja. Meski lulusan Hukum Universitas Ekasakti, Padang, kini ia menjadi seorang Penyuluh Pertanian Swadaya (PPS) yang merintis pertanian di tengah masyarakat dengan memanfaatkan lahan kosong, lahan tadah hujan dan lahan bekas tambang yang diolah menjadi lahan pertanian organik.

Selain itu, Ia juga melakukan pembinaan terhadap petani di kabupaten Sijunjung untuk membuat pupuk kompos dari sampah pertanian dan rumah tangga. Pembuatan pestisida alami serta pembibitan tanaman pertanian.

Pemuda kelahiran tahun 1985 ini telah berhasil membina banyak kelompok tani di beberapa kecamatan di kabupaten Sijunjung iantaranya yaitu, kelompok tani Buduak Sepakat, Keltan Tigo Lurah, Keltan wanita Tobiang Sepakat, Keltan wanita Sawah Liek, Keltan Saira Saiyo, Keltan wanita Nasamo Mangko Manjadi, Keltan Sijulai Sejalan, Keltan Bungo Lado.

Apa yang Yal Yudian lakukan untuk memajukan dan mensejahterakan petani melalui pemanfaatan lahan tidur atau lahan kosong menjadi lahan pertanian organik ini memang patut diapresiasi. Meskipun ia bukan berasal dari background pendidikan pertanian, namun berkat keyakinan dan semangatnya, Yal Yudian bisa berprestasi dan menginspirasi banyak orang. (ran)

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here