Home Pertanian Menilik Pengembangan Food Estate Hortikultura di Kabupaten Humbahas, Sumatera Utara

Menilik Pengembangan Food Estate Hortikultura di Kabupaten Humbahas, Sumatera Utara

Kementan tinjau proyek food estate hortikultura humbahas

Agrozine.id – Dalam upaya memperkuat ketahanan pangan nasional, selain di Pulau Kalimantan, pemerintah telah menetapkan Kabupaten Kabupaten Humbang Hasundutan (Humbahas), Provinsi Sumatra Utara, menjadi kawasan lumbung pangan (food estate) berbasis hortikultura.

Pada hari Jumat (11/09) Menteri Pertanian Syahrul Yasin Limpo yang didampingi oleh Wakil Gubernur Sumatra Utara Musa Rajekshah dan Bupati Humbahas Dosmar Banjarnahor, mengunjungi Desa Ria-Ria, Kabupaten Humbahas dalam rangka meninjau kawasan lahan pengembangan food estate hortikultura.

Mentan SYL tinjau progres food estate di Humbang Hasundutan

Dilansir dari laman CNN Indonesia (15/09) , Syahrul menjelaskan proyek lumbung pangan hortikultura seluas 30.000 hektare lahan ini dikelola hingga tiga tahun ke depan. Namun, sebagai permulaan, pengerjaan dimulai dari klaster terpadu seluas 1.000 hektare sebagai percontohan nasional.

Menteri Syahrul menambahkan bahwa pengembangan kawasan food estate hortikultura di Kabupaten Humbahas menjadi salah satu program super prioritas Kementerian Pertanian (Kementan) pada tahun ini. Komoditas utama yang dikembangkan meliputi kentang sebagai bahan baku industri, bawang merah dan bawang putih. Lebih lanjut ia mendorong pembangunan korporasi pertanian di lokasi pengembangan food estate, mulai hulu hingga hilir.

Seusai melakukan kunjungan di lokasi food estate, Mentan dan rombongan kemudian berlanjut meninjau lokasi screen house perbenihan kentang di Desa Parsingguran II Kabupaten Humbahas.

Dilansir dari merdeka  (15/09), Wakil Gubernur Sumatra Utara Musa Rajekshah mengatakan, lahan yang akan digarap untuk proyek food estate merupakan lahan yang potensial. Kedepannya, lahan siap dikelola secara terbuka untuk kepentingan masyarakat dan negara. Ia menambahkan bahwa Sumatera memiliki banyak varian tanaman holtikultura yang bisa ditanam di areal food estate

Beberapa keunggulan lahan di Kabupaten Humbahas dibandingkan dengan agroekosistem di daerah lain di antaranya, ketersediaan lahan sangat luas. Selain itu, curah hujan disana terbilang tinggi dan iklimnya sesuai dengan tanaman hortikultura.  Lebih dari itu, food estate Humbang Hasundutan berpotensi untuk dikembangkan menjadi kawasan agroekowisata, serta dapat disinergikan dengan upaya konservasi lingkungan.

Dikesempatan yang sama Bupati Humbahas, Dosmar Banjarnahor mengatakan bahwa pengembangan kawasan food estate di Kabupaten Humbahas menjadi sebuah peluang besar bagi masyarakat khususnya petani untuk meningkatkan perekonomian setempat. (ran)

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here