Home Kehutanan Menilik Pesona Taman Nasional Rawa Aopa Watumohai

Menilik Pesona Taman Nasional Rawa Aopa Watumohai

taman nasional rawa aopa watumohai

Agrozine.id – Taman Nasional Rawa Aopa Watumohai (TNRAW) merupakan salah satu wilayah pelestarian dan perlindungan yang terdiri dari ekosistem hutan hujan pegunungan rendah, hutan bakau, hutan pantai, savana, dan hutan rawa air tawar. Taman nasional ini secara administratif taman nasional ini berada di Kabupaten Kaloka,Kabupaten Buton, dan Kota Kendari. Pada artikel kali ini, tim Agrozine.id akan sampaikan informasi lengkap tentang Taman Nasional Rawa Aopa Watumohai yang wajib kamu ketahui.

Sejarah Taman Nasional Rawa Aopa Watumohai

Melalui Surat Keputusan Menteri Kehutanan no. 756/ Kpts-II/1990 tanggal 17 Desember 1990, kawasan ini dikukuhkan sebagai Taman Nasional Rawa Aopa Watumohai yang memiliki total luasan sebesar 105.194 hektar. Bersamaan dengan diundangkannya UU no. 5 tahun 1990 tentang KSDAHE maka TNRAW menempati predikat sebagai salah satu taman nasional yang pertama disahkan secara hukum.

Pada tanggal 6 Maret 2011 kawasan TNRAW juga ditetapkan sebagai Situs Ramsar, yakni wilayah lahan basah guna tujuan konservasi.

Taman Nasional Rawa Aopa Watumohai Sulawesi Tenggara | GPS Wisata ...

Kekayaan Alam Taman Nasional Rawa Aopa Watumohai

  • Ekosistem

Seperti yang telah disebutkan sebelumnya, TNRAW memiliki 5 jenis ekosistem. Kawasan ini memegang peranan penting terhadap pasokan air untuk sekitarnya.

Tipe ekosistem rawa gambut yang ada di TNRAW ini merupakan yang paling luas di wilayah Sulawesi. Tutupan air di lingkungan rawa mempunyai persentase lebih dari 90%. Adapun material dasar di areal rawa adalah gambut dan menjadi pengendali kondisi air untuk ekosistem di sekitarnya.

  • Flora

Diketahui jumlah spesies tumbuhan di TNRAW mencapai lebih dari 323 spesies. Beberapa di antara jenis flora yang cukup mendominasi yaitu agel, lontar, bambu berduri, pandan, serta semak belukar.

Selain itu, kawasan ini juga memiliki kekayaan teratai yang sangat beragam, antara lain teratai merah, teratai ungu, teratai putih, serta teratai dengan perpaduan warna unik yang mengikuti kondisi cuaca.

  • Fauna

Taman Nasional Rawa Aopa Watumohai Sulawesi Tenggara | GPS Wisata ...Ada kurang lebih sekitar 155 spesies burung yang menghuni kawasan TNRAW, 37 diantaranya merupakan satwa endemik. Kawasan ini merupakan habitat untuk berbagai jenis burung air karena mempunyai tipe ekosistem yang mendukung. Beberapa diantaranya yaitu burung kacamata Sulawesi dan aroweli. Keduanya termasuk burung langka yang dilindungi.

Selain itu, satwa lain yang menghuni TNRAW adalah sapi, rusa, anoa, babirusa. Baru-baru ini TNRAW membuat penangkaran rusa dengan tujuan mempertahankan populasi rusa yang semakin menurun.

Sedangkan di area hutan bakau atau hutan mangrove jenis fauna yang dapat hidup yaitu berbagai spesies ikan, kepiting, serta udang.

Potensi Pariwisata Taman Nasional Rawa Aopa Watumohai

suhu udara padang rumput sabana cenderung hangat dengan curah hujan sedikit

  • Padang sabana

Padang sabana merupakan pesona yang paling indah di Taman Nasional Rawa Aopa Watumohai dengan luas areal mencapai 23.000 hektar. Ketika berada di sini pengunjung akan menyaksikan hamparan padang rumput dengan beberapa jenis flora seperti bambu, semak belukar, dan lontar. Kawasan sabana menjadi tempat favorit bagi satwa seperti sapi dan rusa.

  • Menyusuri hutan rama dan mangrove

Pengembangan wisata hutan rawa ini mulai dilakukan pada tahun 2018. Luas kawasan hutan rawa yang dijadikan sebagai objek wisata yaitu sekitar 12 hektar.

  • Penangkaran rusa

Untuk mempertahan populasi rusa timor dari kepunahan, maka dibuatlah kandang penangkaran di area TNRAW. Saat ini. di kandang penangkaran terdapat 30 ekor rusa.

Demikianlan informasi mengenai Taman Nasional Rawa Aopa Watumohai. Semoga infromasi yang disampaikan dalam artikel ni dapat bermanfaat bagi kamu ya. (ran)

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here