Home Perikanan Mie Kristal Rumput Laut, Pangan Alternatif Inovasi KKP

Mie Kristal Rumput Laut, Pangan Alternatif Inovasi KKP

Agrozine.id – Mie kristal rumput laut menjadi salah satu inovasi yang dihadirkan oleh Usup Supriatna salah satu peserta program Inkubator Bisnis Inovasi Produk Kelautan dan Perikanan (Inbis Invapro KP) dari Balai Besar Pengujian Penerapan Produk Kelautan dan Perikanan (BBP3KP)-UPT Ditjen Penguatan Daya Saing Produk Kelautan dan Perikanan (PDSPKP). Tekad untuk penguatan inovasi tersebut semakin kuat setelah Usup melihat inovasi agar-agar strip  hasil inovasi BBP3KP pada tahun 2018.

“2018 saya minta diajari BBP3KP dan didampingi untuk produksi”, ujar Usup. Dalam satu tahun berjalan setalah mengikuti pendampingan, Usup telah berhasil memproduksi agar-agar strip dan memasarkan produknya, namun masih dijual terbatas.

Agar-agar strip tersebut kemudian disulap Usup menjadi mie kristal rumput laut kemasan cup dan berhasil merubah peruntungannya. Ide tersebut muncul setelah ia mencampurkan bumbu mie instan ke dalam agar-agar strip buatannya.

“Inspirasinya muncul saat saya lapar, cobain agar stripnya saya kasih bumbu, ternyata enak dan lebih praktis kalau kita jual kemasan cup”, ujarnya. Usup adalah seorang pembudidaya rumput laut sejak tahun 2006 silam. Pada tahun 2020 produk mie instan rumput laut dalam kemasan cup buatan Usup masuk ke sejumlah pameran dan produk tersebut semakin laris setelah diminati oleh Klinik Kesehatan untuk ditawarkan ke sejumlah pelaku diet dan Usup menjalin kerjasama dengan beberapa pelaku usaha di Majalengka hingga Medan.

Baca Juga : KKP Dorong Peningkatan Produksi Udang Nasional

Saat pandemi Covid-19, permintaan akan produk tersebut semakin meningkat. Dalam satu hari, Usup bisa menjual hingga 500 pcs mie. Di awal masa PSBB, Usup mengirim produknya hingga 2000 pcs dalam 2 minggu ke beberapa klinik kesehatan di Jakarta Selatan.

Untuk meningkatkan pemasaran produknya, Usup bergabung menjadia anggota komunitas pasarlautindonesia.id dan mengikuti Gerakan Bangga Buatan Indonesia dengan harapan usahanya semakin berkembang dan bisa membuka lapangan pekerjaan untuk masyarakat sekitar.

Peluang Usaha Pangan Alternatif Dirjen PDSPKP, Artati Widiarti mengapresiasi pengembangan inovasi produk BBP3KP oleh pelaku usaha yang tergabung dalam program Inbis Invapro KP tersebut dan menurutnya hal tersebut diperlukan untuk pengembangan inovasi dalam rangka menjawab persoalan pangan di Indonesia.

Baca Juga : Pemerintah Bantu Permodalan Pelaku Usaha Perikanan Melalui Kredit Usaha Rakyat (KUR)

Ia mengatakan bahwa peringatan hari pangan sedunia bisa menjadi momentum bagi pemanfaatan pangan alternatif. “Sektor kelautan dan perikanan masih menyimpan banyak potensi yang bisa dimanfaatkan untuk menjadi pangan alternatif”, ujar Artati.

Selain itu Artati juga mengatakan bahwa pihaknya di PDSPKP siap mendampingi pelaku usaha khususnya UMKM untuk mengembangkan produk dan inovasi mereka.”Apa yang dilakukan bapak Usup dalam membuat inovasi mie kristal rumput laut ini bisa jadi pelajaran bagi kita semua bahwa sektor kelautan dan perikanan bisa menguatkan ketahanan pangan”, pungkasnya. (ira)

 

Tonton video menarik ini :

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here