Home Kampus Muchamad Aldi Rohmawan: BEM Fapet Sebagai Wadah Upgrading Kapasitas Diri

Muchamad Aldi Rohmawan: BEM Fapet Sebagai Wadah Upgrading Kapasitas Diri

Muchamad Aldi Rohmawan

Agrozine.id – Pada artikel kali ini kita akan mengenal lebih dekat dengan Muchamad Aldi Rohmawan atau yang lebih akrab disapa Aldi. Ia merupakan mahasiswa asal Magetan, Jawa Timur yang saat ini sedang mengenyam pendidikan di Fakultas Peternakan Universitas Gadjah Mada Yogyakarta (Fapet UGM). Selain menjalani kewajibannya di bangku perkuliahan, ia juga aktif berorganisasi. Saat ini, Muchamad Aldi Rohmawan menjabat menjadi Ketua Umum Badan Eksekutif Mahasiswa Keluarga Mahasiswa Fakultas Perternakan (BEM KM Fapet) periode 2019-2020.

Kepada tim Agrozine.id, pria kelahiran Magetan tahun 1999 ini menceritakan pengalaman organisasinya selama berada di kampus. Memiliki hobi berenang membuatnya mengikuti Sigma, yaitu UKM Renang UGM. Selain itu, ia juga sempat menjadi Kepala Departemen Advokasi BEM Fapet pada tahun 2019 lalu. Dan untuk sekarang selain menjadi ketua BEM KM Fapet, ia juga menjadi staff Advokasi di Ikatan Senat Mahasiswa Peternakan Indonesia Wilayah Jawa Tengah & DIY.

Baca juga: Mengenal Jenis Philodendron

Dengan membawa visi memperbaiki keadaan yang ada di Fapet yang aspiratif, kontributif, dan kolaboratif, ia memaparkan misinya membangun SDM di Fapet yang kontributif dengan melibatkan banyak jaringan. SDM Fapet pada tahun-tahun sebelumnya yang masih sangat terikat dengan masalah internal kampus membuat Aldi resah. Hal tersebutlah yang menjadikan motivasi Aldi untuk menjadi ketua BEM KM Fapet UGM.

“Dorongan sosial untuk membentuk SDM Fakultas peternakan yang berani untuk keluar dari zona nyaman,” ujarnya.

Meskipun, upayanya belum 100%  sesuai dengan harapan, namun perbaikan masalah internal kampus terkait kemahasiswaan dan kegiatan akademik sudah ia lakukan bersama stafnya di Kabinet Kolaborasi Karya. Selain itu, menurutnya, terkait merubah pola pikir dan cara pandang mahasiswa Fapet terkait dunia luar juga sudah berhasil walau belum maksimal.

“Karena kondisi sedang pandemi seperti ini, mungkin tidak sepenuhnya harapan tercapai, tapi secara proses dan manifest sudah diterapkan dengan baik, Alhamdulillah,” ucapnya.

Untuk program kerja di kabinet yang ia pimpin, secara garis besar telah dijalankan, walau dalam masa pandemi ini program-program masih tetap bisa berjalan dengan baik. Diantaranya yaitu Pejuang Susu Nusantara untuk memperingati Hari Susu Nasional, Webinar dengan Kemenko Perekonomian sebagai pembicara, Post Campus Exploration, Husbandry Week.

Ketika ditanya mengenai nilai apa saja yang ia dapatkan selama berorganisasi, Aldi menegaskan poin utamanya yaitu terkait empati. Menurut Aldi, ia dapat menumbuhkan nilai empati dalam dirinya, hal tersebut mampu muncul karena sering besosialisasi bersama. Selain itu, ia dapat memperluas jaringan tidak hanya didalam kampus tetapi hingga keluar kampus.

“Bergabung menjadi anggota BEM ini menjadi sebuah motivasi bagi saya, tidak hanya sebagai lembaga politik dan pergerakan, tetapi juga sebagai lembaga untuk upgrading kapasitas diri,” tutupnya. (ran)

tonton video menarik ini:

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here