Home Pertanian Nangkadak, Cara Budidayanya Agar Berbuah Lebat

Nangkadak, Cara Budidayanya Agar Berbuah Lebat

Agrozine.id – Jika kamu penggemar buah nangka, alangkah baiknya jika kamu menanam varian nangka istimewa ini di halaman rumah kamu. Sebab, nangkadak rasanya seperti nangka dan baunya harum seperti cempedak karena memang hasil persilangan nangka dan cempedak.  Enaknya lagi, kamu  tidak perlu memanjat tinggi-tinggi untuk mengambil buahnya karena tanaman ini berpostur pendek.

Tanaman nangkadak termasuk jenis tanaman yang sangat adaptif terhadap iklim Indonesia sehingga bisa dibudidayakan di berbagai pelosok daerah dengan ketinggian bervariasi. Tanaman ini juga dapat ditanam di dalam pot dan bisa dijadikan tanaman hias.

Bagi kamu yang ingin menanam nangkadak, berikut ini cara mudah budidaya nangkadak.

Pemilihan Bibit Nangkadak
Pilihlah bibit nangkadak berkualitas unggul dari hasil okulasi dan berusia minimum 6 bulan. Bibit yang bagus ditandai dengan batangnya yang tegak, rantingnya banyak, dan daunnya hijau melebar.

Pengolahan Lahan

  • Bersihkan lahan dari gulma yang tumbuh, tanaman liar,semak semak, dan bebatuan yang dapat mengganggu pertumbuhan nangkadak.
  • Buat lubang tanam disesuaikan dengan ukuran bibit, biarkan selama 1 – 2 minggu.
  • Tambahkan pupuk kandang dengan tanah galian bagian atas lubang tanam.
  • Masukkan tanah campuran ke lubang tanam 2 – 3 minggu sebelum penanaman.
    Seminggu sebelum tanam, berikan pupuk NPK sebanyak 100 g ke dalam lubang tanam.

 Penanaman Nangkadak

  • Penanaman sebaiknya dilakukan pada waktu awal musim hujan, namun apabila air irigasi selalu tersedia,penanaman dapat dilakukan kapan saja.
  • Lepaskan bibit nangkadak dari polybag dengan cara menggunting polybag perlahan agar gumpalan tanah tidak pecah.
  • Masukkan bibit ke lubang tanam, lalu timbun dengan tanah hingga bibit terbenam sampai pangkal batang. Tekan-tekan tanah timbunan agar tidak ada rongga-rongga disekitar akar.
  • Lakukan penyiraman agar tanah turun dan menghimpit akar.

 Pemeliharaan Nangkadak

  • Siram tanaman secara teratur, 2 liter per tanaman setiap dua hari sekali.
  • Lakukan pemangkasan pada bagian tanaman yang tidak subur dan tidak produktif serta bertajuk rimbun agar sinar matahari tidak terhalangi sehingga merangsang pembungaan.  Pemangkasan cabang dimaksudkan untuk mengatur pembuahan karena bunga betina muncul pada batang utama atau cabang primer.
  • Berikanpupuk pada tanaman berupa pupuk kandang dan pupuk NPK. Pemberian pupuk kandang 1 – 2 kali setahun sebanyak 20 kg per tanaman. Sementara pemberian pupuk NPK  dari umur 1 minggu dengan dosis 100 g/tanaman dan untuk berikutnya, setiap 6 bulan sekali dosis ditambah 50 g/tanaman hingga berumur 2 tahun. Untuk tanaman yang sudah berbunga, dapat ditambah pupuk organik 650 g/tanaman.  Beri pupuk NPK sebanyak tiga sendok makan setiap selesai panen dan ketika bunga muncul.
  • Lakukan penyerbukan buatan. Sebab, untuk mampu menghasilkan buah, tanaman nangkadak memerlukan bantuan manusia dengan penyerbukan buatan.
  • Bungkus buah yang mulai membesar dengan kantong/kertas semen yang sudah dicelupkan kedalam larutan insektisida atau sejenisnya. Pembungkusan buah dapat menghalangi serangan tikus, kelelawar, atau serangga lain yang dapat merusak buah.

Pemanenan Nangkadak
Tanaman nangkadak yang diperbanyak dengan teknik okulasi  dan sambung akan mulai berbuah setelah berumur 2 – 3 tahun setelah penanaman. Ciri-ciri buah yang telah matang, yaitu duri-durinya yang tumpul sudah mulai merenggang dan mengeluarkan aroma khas, warna kulit buah sudah berubah menjadi kuning kehijauan hingga kuning, tangkai buah dan daun terdekat sudah menguning dan getah sudah mulai encer, dan jika buah ditepuk akan berbunyi nyaring.

Buah nangkadak dipanen secara manual menggunakan gunting pangkas ranting atau pisau. Agar buah nangkadak tidak langsung jatuh ke tanah, ikat buahnya dengan tali rafia pada cabang terdekat. (das)

(Sumber Foto: bukalapak.com)

(content partnership IG @amani.jungle, tiktok amani.jungle)

Tonton video menarik ini:

 

 

 

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here