Home Pertanian Menilik Uniknya Orchid Forest Cikole Bandung Berkonsep Nomadic Tourism

Menilik Uniknya Orchid Forest Cikole Bandung Berkonsep Nomadic Tourism

Agrozine.id – Bandung memiliki satu destinasi wisata yang berkonsep unik dan menjadi favorit banyak orang. Adalah Orchid Forest Cikole Bandung yang memiliki banyak spot foto dan instagramable.

Orchid Forest Cikole berada di Jalan Tangkuban Perahu KM 8 Desa Cikole Lembang, Kabupaten Bandung Barat ini memiliki konsep Nomadic Tourism seperti dilansir dari Genpi.

“Nomadic tourism artinya semi permanen, berpindah-pindah”,  jelas pemiliki atau CEO Orchid Forest Maulana Akbar. Lebih lanjut pria yang akrab disapa Barry tersebut menjelaskan penggunaan konsep nomadic tourism yang menurutnya konsep nomadic tourism ini lebih mudah dan cepat dalam pembangunannya.

” Kita (Indonesia) mempunyai 17 ribu pulau, kalau misalkan kami menggunakan konspe bangunan permanen, membangun bangunan permanen seperti hotel saja mungkin selesainya bisa 4 sampai 5 tahun, pembiayaannya juga sangat besar”, jelasnya. Dengan menggunakan konsep nomadic tourism, pembangunan bisa selesai lebih cepat. Contohnya Orchid Forest Cikole, pembangunannya hanya butuh waktu 8 bulan, dijelaskan Barry.

Dikatakan Barry lebih lanjut bahwa konsep nomadic tourism ini merupakan solusi membangung tanpa merusak lingkungan. Semua posisi bangunan yang ada di Orchid Forest Cikole ditempatkan sesuai karakter alam dan letak pohon. ” Jadi di Orchid tidak ada satu pohon pun yang saya tebang. Semua posisi bangunan itu saya tempatkan sesuai petunjuk dari alam”, katanya.

Dengan konsep yang diterapkannya Orchid Forest Cikole mendapatkan predikat sebagai destinasi wisata nomadic terbaik versi Kementerian Pariwisata (Kemenpar). Selain itu, orchid Forest Cikole juga mendapat predikat sebagai tempat wisata edukasi unggulan bertaraf internasional. Selain itu diketahui pula Orchid Forest Cikole adalah wisata alam yang memperkenalkan dan membudidayakan ratusan jenis bunga anggrek baik lokal maupun internasional. Selain itu masih ada beragam wahana yang seru dan instagramable.

Dalam kondisi saat ini Orchid Forest menerapkan protokol kesehatan yang ketat untuk membantu mencegah penyebaran Covid-19,serta menjaga kenyamanan dan keamanan pengunjung.

Sampai saat ini terdapat sebanyak 157 jenis anggrek yang berasal dari seluruh dunia yang tumbuh dan berkembang di Orchid Forest Cikole Bandung. Selain itu banyak spot foto yang bagus untuk dikunjungi di lokasi wisata ini. Harga tiket masuk ke Orchid Forest Cikole ini dibanderol Rp.40.000/orang.(ira)

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here