Home Perikanan Pakan Induk Ikan Torsoro Untuk Tingkatkan Produksi

Pakan Induk Ikan Torsoro Untuk Tingkatkan Produksi

Agrozine.id – Ikan torsoro atau dikenal juga dengan nama ikan kancra merupakan satu dari sekian banyak jenis ikan lokal yang memiliki kandungan nutrisi tinggi. Ikan ini juga berpotensi menjadi salah satu komoditas ekspor sehingga membutuhkan peningkatan produksi untuk memenuhi permintaan pasar. Salah satu upaya untuk meningkatkan produksi ini adalah dengan menggunakan pakan induk ikan torsoro dan pendederan yang baik.

Balai Riset Perikanan  Budidaya Air Tawar dan Penyuluhan Perikanan (BRPBATPP) wilayah Bogor melakukan riset di bidang teknologi budidaya perikanan air tawar dimana salah satunya adalah riset penggunaan pakan indukan dan pendederan. Selain itu terdapat pula bidang lain yang sedang dikerjakan oleh BRPBATPP yaitu riset mengenai nutrisi dan teknologi pakan ikan.

Nurhidayat selaku kepala BRPBATPP mengatakan bahwa pihaknya melakukan aplikasi pakan khusus indukan ikan torsoro di Unit Pembenihan Rakyat (UPR) Mina Kancra Ciburial Desa Licin Kecamatan Simalakan Kabupaten Sumedang dengan tujuan untuk meningkatkan produksi ikan torsoro dalam rangka memenuhi kebutuhan pasar.

baca juga : Ini Cara Jaga Kualitas Air dan Pakan Ikan Modern

Hasil pengaplikasian teknologi pakan tersebut menunjukkan bahwa teradopsinya teknologi budidaya ikan torsoro dan menunjukkan bahwa adanya peningkatan performa ikan torsoro dimana sebelum dilakukannya pengaplikasian teknologi tersebut produksi ikan ini tidaklah tinggi. Sebelum adanya pengaplikasian teknologi pakan induk ikan torsoro ini hanya terdapat 1-2 kali pemijahan ikan torsoro dalam satu tahun, kini meningkat menjadi 3-5 kali dalam setahun.

5 Manfaat Pakan Induk Ikan Torsoro

  1. Meningkatkan reproduksi ikan torsoro hingga 3-5 kali dalam setahun
  2. Kenaikan reproduksi benih ikan torsoro meningkat hingga 114,3% dari 42.000 ekor ikan/tahun menjadi 90.000 ekor ikan/tahun
  3. Meningkatkan pendapatan masyarakat pembudidaya ikan torsoro
  4. Meningkatkan pembudidaya ikan torsoro di wilayah Sumedang yang dari awalnya hanya 10 orang menjadi 50 orang
  5. Terciptanya kawasan budidaya ikan torsoro di wilayah Kabupaten Sumedang.

baca juga : Cara Budidaya Jentik Nyamuk Untuk Pakan Ikan

Pendapatan masyarakat pembudidaya ikan torsoro ini juga menjadi salah satu tujuan pengaplikasian teknologi pakan indukan ini yaitu untuk meningkatkan perekonomian masyarakat pembudidaya dan meningkatkan jumlah pembudidaya ikan torsoro di Kabupaten Sumedang.

Dikatakan oleh Nurhidayat, pengaplikasian teknologi pakan induk ikan torsoro ini merupakan role model bagi peningkatakan upaya budidaya ikan torsoro di wilayah lain di Indonesia. (ira)

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here