Home Perkebunan Panduan Budidaya Durian Musang King Sebagai Usaha Yang Menjanjikan

Panduan Budidaya Durian Musang King Sebagai Usaha Yang Menjanjikan

Agrozine.id – Apakah anda suka makan durian? Durian adalah salah satu jenis buah favorit hampir semua kalangan. Rasa dan baunya yang khas membuat buah satu ini sangat diminati. Ada banyak sekali jenis durian yang beredar di pasaran. Salah satunya yang paling banyak dicari adalah varietas durian musang king. Durian musang king berasal dari Malasyia dan diperkenalkan ke Indonesia pada tahun 200 an. Sejak masuknya varietas durian ini ke Indonesia,langsung disukai hampir semua kalangan. Budidaya durian musang king pun semakin banyak diminati karena dinilai menjanjikan usaha yang menjanjikan. Mari kita bahas panduan budidaya durian musang king sebagai prospek usaha yang menjanjikan.

Keunggulan dari durian musang king ada pada daging buahnya yang tebal dan rasanya yang manis legit. Di Indonesia durian musang king masih relatif sedikit,sedangkan permintaan pasarnya semakin meningkat.

Karena jumlahnya yang masih relatif sedikit di Indonesia,maka harga durian musang king ini tergolong mahal. Karena itu peluang bisnis budidaya durian musang king layak untuk dicoba. Berikut adalah panduan budidaya durian musang king.Cara budidaya durian musang king sebenarnya cukup mudah,namun membutuhkan lahan yang luas.

1.Penyiapan lahan

Dibutuhkan lahan yang luas untuk budidaya durian musang king,karena pohon durian besar dan tinggi serta akarnya yang menjalar. Sebelum melakukan penanaman,bersihkan lahan terlebih dahulu dari gulma sehingga bibit yang akan ditanam dapat tumbuh dengan baik.

2.Persiapan bibit

Tahapan selanjutnya adalah penyiapan bibit. Bibit durian musang king yang dipilih sebaiknya adalah bibit yang berasal dari sambung pucuk,dibanding bibit yang berasal dari benih. Bibit yang berasal dari benih cenderung berbeda dengan indukannya dan pertumbuhannya relatif lambat. Bibit durian sebaiknya disemaikan di lokasi yang teduh agar pertumbuhannya optimal.

3.Pembuatan lubang tanam

Lubang tanam untuk durian musang king adalah berukuran 50x50x50 cm untuk bibit yang setinggi 1 meter. Sebelum ditanami,diamkan lubang tanam sekitar 2-3 hari untuk mematikan bakteri yang ada di dalam lubang agar bibit yang ditanam bebas dari bakteri.

4.Tahap penanaman

Selanjutnya adalah menanam. Jarak tanam untuk durian adalah 8×8 meter untuk menghindari perebutan nutrisi sehingga durian dapat tumbuh dengan optimal.Setelah ditanam,jangan lupa siram bibit setiap pagi dan sore hari untuk menjaga kelembaban tanah.

5. Perawatan durian musang king

Perawatan durian musang king meliputi penyiraman,pemupukan,penyiangan dan pemangkasan. Penyiraman bibit dapat dilakukan pada pagi dan sore hari secara berkala. Selanjutnya untuk pemupukan dilakukan setiap bulan menggunakan pupuk organik dengan cara menyiramkan pupuk ke bagian bawah bibit durian. Pemupukan sebaiknya mengikuti dosis yang tertera pada kemasan pupuk. Saat berusia 3 bulan setelah tanam,pemupukan diganti dengan pupuk kandang sebanyak 1/4 karung untuk setiap tanaman. Pemupukan selanjutnya dilakukan ketika tanaman sedang berbuah untuk memaksimalkan pertumbuhan buah.

Tahapan perawatan selanjutnya adalah penyiangan untuk mengatasi gulma yang tumbuh di sekitar tanaman. Selanjutnya pemangkasan penting dilakukan agar pertumbuhan durian semakin optimal.

6.Tahapan panen

Tahapan terakhir adalah pemanenan. Durian musang king dapat dipanen setelah berumur 3-5 tahun. Durian musang king bisa dikembangkan dengan ketinggian hanya 3 atau 4 meter dan tentunya menghasilkan buah yang banyak. Dengan begitu prospek budidaya durian musang king semakin menjanjikan. Saat ini bibit durian musang king dijual dengan kisaran harga Rp.35.000-Rp.90.000/bibit. (ira)

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here