Home Perikanan Panduan Lengkap 6 Cara Ternak Ikan Guppy

Panduan Lengkap 6 Cara Ternak Ikan Guppy

cara ternak ikan guppy

Agrozine.id – Ikan guppy atau nama latinnya Poecilia reticulata merupakan salah satu jenis ikan hias. Ikan hias yang sangat cantik ini pada dasarnya mudah untuk dikembangbiakkan. Habitat asli ikan guppy ini berada di danau atau sungai yang tenang, namun ikan ini juga bisa bertahan di air payau dengan kadar garam yang tinggi. Untuk membudidayakan ikan guppy ini tidaklah sulit, asalkan kamu mengetahui cara ternak ikan guppy yang baik dan benar itu seperti apa.

Pada artikel kali ini, kami akan memberikan panduan lengkap cara ternak ikan guppy yang banyak di gemari orang. Bukan tanpa sebab kenapa ikan ini sangat populer, karena ikan guppy memiliki warna dan bentuk sirip yang sangat unik dan indah. Tanpa lama-lama yuk langsung saja simak artikel ini sampai selesai.

Cara Ternak Ikan Guppy:

  1. Mempersiapkan akuarium

Akuarium yang diperlukan untuk ternak ikan guppy minimal berukuran 30 x 30 x 30 cm. Ada 4 wadah yang harus disiapkan yaitu 2 untuk pemisahan induk, 1 untuk tempat pemijahan, dan 1 lagi untuk tempat penetasan.

Baca juga: Berikut 6 Makanan Alami Terbaik untuk Ikan Guppy
  1. Memilih indukan

Untuk mendapatkan hasil ternak ikan guppy yang baik, maka pilih indukan yang berkualitas. Adapun ciri-ciri induk yang berkualitas yaitu:

  • Berumur minimal 4 bulan
  • Indukan memiliki warna atau corak yang indah
  • Indukan memiliki bentuk tubuh yang bagus, ekor besar dan merumbai
  • Indukan sehat dan tidak berpenyakit
  • Indukan memiliki gerak yang lincah, gesit

Kemudian bedakan ikan guppy jantan dan betina. Cara membedakannya yaitu guppy  jantan warnanya lebih cerah dan tubuh yang langsing.

  1. Pemisahan indukan

Sebelum dilakukan pemijahan, ikan guppy jantan dan petina dipisahkan terlebih dahulu pada akuarium yang terpisah. Lalu, air diganti setiap 1-3 hari sekali. Pada saat proses pimasahan indukan ini tetap diberi pakan 2 hari sekali agar indukan fit saat proses pemijahan.

  1. Pemijahan

Proses selanjutnya adalah pemijahan. Langkah-langkahnya yaitu:

  • Siapkan akuarium khusus untuk pemijahan yang sudah diisi air dan diendapkan kurang lebih 24 jam. Kedalaman air 25 cm dan kepadatan tebar wadah pemijahan 30 ekor/100 liter air.
  • Tambahkan tanaman air seperti hydrilla untuk tempat bercumbu ikan guppy
  • Lalu lakukan pemijahan secara massal agar lebih efektif dan efisien dengan komposisi ikan guppy jantan dan betina adalah 1:2 atau 1:5.
  • Masukkan ikan guppy betina terlebih dahulu, kemudian ikan guppy yang jantan
  • Proses pemijahan akan berlangsung sekitar 4-7 hari
  • Jika sudah segera pisahkan ikan guppy betina yang telah di buahi.
  1. Penetasan benih

Siapakan akuarium khusus penetasan yang sudah diisi air dan diberi aerasi, lalu masukkan ikan guppy betina ke dalamnya. Lakukan perawatan dengan mengganti 1/3 air dengan yang baru setiap 1-3 hari sekali. Jangan lupa tetap memberi pakan induk setiap 2 hari sekali dengan kutu air (daphnia atau moina).

Ikan guppy merupakan ikan yang melahirkan. Embrio akan tumbuh di dalam perut. Masa kehamilan ikan guppy sekitar 3-4 minggu setelah proses pemijahan. Ikan guppy betina dapat mengalami 1-3 kali kehamilan dalam sekali pembuahan. Waktu yang diperlukan untuk kehamilan pertama ke berikutnya sekitar 1-5 minggu. Dalam sekali melahirkan ikan guppy menghasilkan 30-100 anakan.

  1. Pendederan

Ikan guppy memerlukan cahaya matahari untuk membentuk warna sisik yang cemerlang. Maka buatlah bak semen berukuran 2 x 2 x 0,5 m yang diisi air dengan kedalaman 40 cm. Tambahkan aerasi pada kolam dan tanaman air seperti eceng gondok atau hydrilla. Ganti air kolam setiap 3 hari sekali.

Baca juga: Budidaya Lele Sistem Bioflok dan Diversifikasi Produknya

Saat berumur 5 hari beri pakan anakan ikan guppy dengan infusoria. Selanjutnya saat berumur 20 hari beri pakan udang renik atau kutu air.

Itulah cara ternak ikan guppy yang sangat mudah. Untuk ikan guppy jantan setelah berumur 20 hari bisa dijual sebagai ikan hias, lalu untuk ikan guppy betina dapat dijadikan indukan. Ternak ikan guppy ini sangat menjanjikan lho, melihat peminat ikan hias yang semakin tinggi. Apakah kamu tertarik untuk membudidayakan ikan guppy? Semoga informasi ini bermanfaat dan selamat mencoba ! (ran)

 

Tonton video menarik berikut ini:

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here