Home Pertanian Panduan Praktis Cara Budidaya Manggis

Panduan Praktis Cara Budidaya Manggis

Agrozine.id – Buah manggis yang dijuluki “The Queen of Tropical Fruit” di dalam kulitnya yang merah keunguan tersimpan daging buah yang berwarna putih bersih. Rasanya merupakan perpaduan rasa manis dan asam dengan tekstur daging yang lembut dan berair sehingga terasa begitu menyegarkan. Buah manggis memiliki harga jual yang cukup tinggi dan cukup stabil sehingga menarik orang untuk berbudidaya manggis karena mampu menghasilkan keuntungan yang cukup besar. Anda juga ingin membudidayakan manggis? Yuk, simak panduan praktis cara budidaya manggis berikut ini!

Baca Juga: Tips Budidaya Sayuran Organik, Pasti Berhasil

Dalam budidaya manggis, terdapat beberapa langkah yang harus dilakukan sebagai berikut:

Pemilihan Bibit Manggis

Pilih  bibit manggis yang berasal dari hasil sambung pucuk yang telah berumur minimal 18 bulan. Panjang tunas minimal 15 cm dan telah memiliki paling sedikit empat pasang daun. Bibit manggis harus sehat dan berasal dari penyedia bibit terpercaya.

 Persiapan Lahan Tanam Manggis

Persiapan lahan tanam dilakukan sebelum musim hujan. Bersihkan lahan dari sisa tanaman lain dan gulma. Buat lubang tanam berukuran 50 cm x 50 cm x 50 cm. Masukkan 300 gr dolomit, 10 kg pupuk kandang, dan 0,5 kg trichoderma ke lubang tanam, aduk rata dengan tanah yang ada di dasar lubang tanam. Jarak antar lubang tanam 5 – 10 m. Istirahatkan lahan 2 – 4 minggu sebelum penanaman.

Baca Juga:Inilah Khasiat dan Cara Budidaya Belimbing Madu, Paling Manis!

Penanaman Bibit Manggis ke Lahan Tanam

Beberapa hal yang harus diperhatikan untuk melakukan penanaman bibit manggis ke lahan tanam:

  • Saat yang tepat untuk menanam manggis adalah pada awal musim hujan. Namun, jika ada air irigasi maka penanaman dapat dilakukan kapan saja.
  • Bibit manggis ditanam bersama media tanam yang ada di polybag.Potong bagian bawah polybag bibit, letakkan bibit ke lubang tanaman, gunting bagian samping polybag hingga polybag terlepas.
  • Tutup lubang tanam dengan tanah, padatkan tanah di sekeliling batang, lalu tinggikan sekitar 10 – 20 cm.  Lakukan pemasangan mulsa menggunakan batang pisang atau jerami untuk mengurangi penguapan.Sebaiknya, bibit manggis dipasang ajir agar tidak goyah.
  • Lakukan penyiraman agar tanah turun dan menghimpit akar.
  • Bibit manggis umur 1-2 tahun rentan terhadap cahaya. Siapkan naungan manggis, bisa berupa paranet atau dahan pohon kelapa. Tanaman pisang juga bisa digunakan sebagai pelindung, ditanam 2 bulan sebelum penanaman manggis.
Baca Juga: Cara Budidaya Labu Madu alias Butternut Squash, 
Pasar Menjanjikan

Pemeliharaan Manggis

Setelah bibit manggis dipindahkan ke lahan tanam, maka langkah selanjutnya yang harus dilakukan adalah perawatan tanaman. Nah berikut adalah beberapa cara perawatan tanaman manggis:

  • Lakukan penyiraman secara rutin dan bersihkan lahan dari gulma.
  • Lakukan pemangkasan setelah panen atau pada awal musim hujan ketika tanaman telah berumur lima tahun setelah tanam. Pangkas cabang dan ranting yang berdempetan, yang tumbuh mengarah ke dalam, dan yang terindikasi terinfeksi penyakit, serta buang tunas air.
  • Setelah panen pertama, berikan pupuk kandang dan dolomit 1 kali dalam 1 tahun. Bisa ditambahkan dengan pupuk NPK.
  • Setelah usia di atas 6 tahun ditambah pupuk KCl. Cara pemberian pupuk, yaitu dengan membuat alur pupuk melingkari tanaman, taburkan pupuk pada alur pupuk, timbun dengan tanah secara tipis untuk menghindari, lalu siram dengan air secukupnya agar pupuk mudah larut ke dalam tanah.
  • Waktu yang tepat untuk pemupukan ialah pada pagi atau sore hari.

Pemanenan Manggis

Tanaman manggis yang dirawat dengan baik dalam jangka 5 tahun setelah ditanam sudah dapat menghasilkan buah. Umumnya buah manggis dipanen ketika berumur 104 – 110 hari setelah bunga mekar. Ciri buah manggis yang siap panen, yaitu kulit buah berwarna merah kecokelatan hingga merah keunguan, sudah mulai lunak saat ditekan kulitnya, dan sudah terdapat bercak cokelat pada tangkai dan kelopak buah.

Baca Juga: Cara Budidaya Tanaman Jengkol yang Baik dan Benar

Pemanenan buah manggis dapat menggunakan gunting atau alat berupa galah yang dilengkapi dengan pengait dan jaring untuk buah yang sulit dijangkau. Sertakan dua daun di atas buah agar kesegaran buah dapat bertahan lebih lama. Selanjutnya, tempatkan buah dalam karung atau keranjang buah yang telah dialasi dengan daun pisang, jerami, atau kertas.

Demikianlah panduan praktis cara budidaya manggis. Apakah anda tertarik untuk melakukan budidaya ini? Semoga informasi dalam artikel ini bermanfaat ya. (ira)

 

Tonton video menarik ini:

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here