Home Peternakan Panen Raya Peternak Sapi dan Kambing di Hari Raya Idul Adha

Panen Raya Peternak Sapi dan Kambing di Hari Raya Idul Adha

www.beefcentral.com

Agrozine – Bagi peternak sapi, kerbau, kambing, dan domba, momen Idul Adha menjadi momen yang ditunggu-tunggu setiap tahunnya. Sebab, peternak bisa meraup untung besar dari bisnis jualan hewan kurban ini. Terlebih lagi, harga jual bisa tinggi karena momen hari raya kurban dan permintaan pasar meningkat. Menjelang hari raya Idul Adha, para peternak sapi, kambing, dan domba di Indonesia dibanjiri pesanan, mulai dari kambing dan sapi yang beratnya puluhan kilogram hingga sapi yang beraratnya ratusan kilogram, bahkan hingga di atas satu ton. Keuntungan yang diterima para peternak dari penjualan hewan kurban cukup besar, bisa mencapai ratusan juta rupiah. Jadi, hari raya Idul Adha merupakan momen panen raya bagi peternak.

Para pedagang patut bersyukur karena pada saat momen Idul Adha lah mereka  bisa menjual ternak sapi, puluhan, bahkan hingga ratusan ekor! Harganya antara Rp 20 juta hingga di atas Rp 100 juta untuk sapi berbobot 1 ton ke atas. Jenis sapi dengan bobot paling berat, di atas satu ton tersebut ialah jenis limosin, angus, dan simental. Belum lagi kambing dan domba, seorang peternak bisa menjual puluhan ekor.

Namun, para pedagang mesti mempersiapkan hewan ternaknya dengan baik agar tidak ada komplain dari pembeli. Terlebih, belakangan ini muncul penyakit mulut dan kuku serta penyakit lato-lato. Peternak harus mengantisipasinya dengan menjaga kebersihan hewan dan kandang. Jika sudah terjangkit, mesti sedia vitamin dan antibiotik. Untuk dosisnya, bisa berkonsultasi dengan dokter hewan.

Pedagang pun harus mempersiapkan kendaraan untuk mengantar hewan kurban kepada pembeli. Biasanya pembeli akan minta diantar pada hari Idul Adha atau satu dua hari sebelum hari raya tiba. Sebelum diantar ke pembeli, sapi-sapi tersebut terlebih dahulu diberi pakan sejenis rumput, vitamin dan juga penyemprotan disinfektan.

Pemasaran hewan kurban tidaklah sulit. Di pinggir-pinggir jalan para peternak bisa  menjajakkan dagangan hewan kurbannya. Selain itu, saat ini kehadiran internet menjadi bisa menjadi saluran pemasaran yang cepat dan efisien. Contohnya,  para youtuber yang merangkap peternak membuat konten-konten hewan kurban sambil menjajakkan hewan kurban mereka hingga beberapa di antaranya menjadi viral.

Para peternak juga bisa menggunakan beberapa pendekatan efektif yang bisa dilakukan untuk menjual hewan-hewan kurbannya secara langsung. Misalnya, berjualan langsung kepada sanak saudara, teman/kerabat, tetangga dan pihak-pihak lainnya yang berpotensi untuk membeli hewan kurban. Saudara dan teman-teman para peternak berpeluang besar sebagai pembeli karena sudah kenal dekat sehingga lebih percaya dan lebih nyaman.

Untuk memulai beternak sapi atau kambing bagi pemula, cukup dari beberapa ekor dulu. Ditekuni, dipelajari, dinikmati hingga paham cara budidaya yang tepat. Kemudian, secara bertahap berkembang hingga akhirnya bisa memiliki puluhan ekor ternak.

Selain panen raya di saat Idul Adha, untuk penghasilan bulanan, para peternak bisa menawarkan sapi atau kambingnya ke pasar-pasar di daerahnya. Selain idul adha, permintaan cenderung meningkat menjelang hari raya Idul Fitri dan Maulid Nabi Muhammad SAW. Untuk kebutuhan harian pun permintaan daging sapi maupun kambing masih cukup besar. Diantaranya untuk kebutuhan hajatan pernikahan, khitanan, akikahan, dan acara selamatan lainnya. (das)

Yuk Sobat, Tonton Video Menarik Ini: 

 

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here