Home Kampus Pelatihan Manajemen Pakan Sapi, UGM Gandeng Indonesia-Australia Red Meat Cattle Partnership

Pelatihan Manajemen Pakan Sapi, UGM Gandeng Indonesia-Australia Red Meat Cattle Partnership

Agrozine.id – Fakultas Peternakan UGM bekerja sama dengan Indonesia-Australia Red Meat Cattle Partnership menyelenggarakan Pelatihan Manajemen Pakan Sapi. Kegiatan ini dilakukan dengan tujuan memberikan pengetahuan dan keterampilan di bidang industri sapi potong, terutama penggemukan dan pembibitan.

Program pelatihan Manajemen Pakan Sapi ini menghadirkan 16 pembicara, diantaranya 9 pembicara dari Fakultas Peternakan UGM, 1 pembicara dari Fakultas Kedokteran Hewan UGM, 3 pembicara dari PT Pasir Tengah, dan pembicara dari PT ALTECH Indonesia, dan 1 orang pembicara dari Indonesia-Australian Cattle Commercial Breeding (IACCB).

Baca Juga: Auzan Imani Jundi : Usaha Peternakan Memiliki Prospek Besar untuk
 Generasi Milenial

Pelatihan Manajemen Pakan Sapi tersebut dilakukan secara daring pada 15-25 Maret 2021 lalu yang ditujukan kepada karyawan perusahaan, koperasi, dan peternak yang berasal dari seluruh Indonesia dalam rangka mendorong peningkatan produktivitas sapi di Indonesia.

Hal tersebut senada dengan yang disampaikan Dekan Fakultas Peternakan UGM, Prof. Dr. Ir Ali Agus, DAA., DEA., IPU., ASEAN Eng. Menurutnya, pelatihan manajemen pakan sapi sangat relevan dan tepat untuk para praktisi atau pihak yang bertanggung jawab di bidang pakan dan penggemukan.

“Pelatihan didesain sedemikian rupa untuk menemukan solusi praktis untuk meningkatkan kinerja produksi dan reproduksi melalui peningkatan manajemen pakan,” ujar Prof Ali Agus.

George Hughes selaku Agriculture Counsellor Kedutaan Besar Australia di Jakarta menambahkan pelatihan ini bertujuan untuk membekali peserta dengan pemahaman yang lengkap mengenai praktik manajemen pakan, pakan ternak, dan kemampuan untuk mengembangkan rasio biaya pakan rendah untuk meningkatkan produktivitas dan keuntungan.

“Saya berharap para peserta saling belajar, berbagi ilmu dan pengalaman sehingga tidak hanya belajar dari para pemateri,” ungkapnya.

Sementara koordinator pelatihan, Prof. Dr. Ir. Zaenal Bachruddin, M.Sc., IPU., ASEAN. Eng., selaku koordinator pelatihan berharap agar materi pelatihan dapat menambah pengetahuan dan pengalaman peserta sehingga meningkatkan kompetensi untuk mendukung produktivitas peternakan atau perusahaan masing-masing.

Baca Juga: Kolaborasi AgGateway dan AEF Memberikan Solusi Digital untuk Pertanian

Adapun materi pelatihan yaitu meliputi supply chain bahan baku pakan, manajemen gudang pakan, formulasi pakan yang efisien, peran penting mineral dan vitamin, hijauan makanan ternak, manajemen pastura, dan manajemen penyakit yang berkaitan dengan pakan.

Pelatihan dilaksanakan secara online melalui pembelajaran asynchronous menggunakan platform e-LOK UGM dan pembelajaran secara synchronous menggunakan zoom meeting. Peserta dapat mengakses materi sebelum pembelajaran langsung (asynchronous).

Dalam pembelajaran langsung, pemateri menggunakan studi kasus (study cases) untuk meningkatkan keaktifan peserta dalam diskusi serta menghubungkan studi kasus dengan materi yang telah didapatkan dalam pembelajaran asynchronous. Peserta juga mendapatkan online practice yang terdiri atas materi kontrol kualitas bahan baku pakan dan pembuatan formulasi pakan dengan Least Cost Ratio (LCR). (ran)

 

Tonton video menarik ini:

 

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here