Home Kampus Pemanfaatan Serta Potensi Sycanus sp Dalam Pengendalian Hama

Pemanfaatan Serta Potensi Sycanus sp Dalam Pengendalian Hama

Pengendalian hama

Agrozine.id – Hama merupakan salah satu momok bagi petani. Ada berbagai cara yang dapat dilakukan untuk mengendalikan hama. Salah satu strategi pengendalian hama dapat dilakukan melalui pemanfaatan musuh alami seperti serangga predator. Ada banyak serangga predator yang berpotensi dalam pengendalian hama.

Salah satu serangga predator yang efektif digunakan adalah Sycanus sp. yang dapat ditemukan di berbagai macam habitat seperti perkebunan, pertanaman hortikultura, tanaman pangan, hingga tanaman kehutanan.

Baca juga: Faperta UGM Ciptakan Itrap: Alat Pengendalian Hama Tikus Berbasis Teknologi

Serangga predator ini bersifat polifag karena memiliki kisaran mangsa yang luas seperti Lepidoptera, Hemiptera, Diptera, dan Coleoptera. Beberapa spesies hama yang menjadi mangsa dari Sycanus sp. yaitu Crocidolomia pavonana F. dan Plutella xylostella L. Selain itu, Sycanus sp. juga berperan sebagai predator utama dari hama penghisap daun yaitu Helopeltis antonii Sign (Hemiptera: Miridae) pada tanaman teh.

Hal itulah yang kemudian melatarbelakangi Siti Mutia Rahmah, mahasiswa Jurusan Proteksi Tanaman, Fakultas Pertanian, IPB University melakukan penelitian skripsi terkait pemanfaatan serta potensi Sycanus sp. dalam pengendalian hama.

Saat ini, pengendalian hama yang menggunakan Sycanus sp. di Indonesia masih belum banyak dilakukan, padahal informasi mengenai preferensi mangsa, biologi, hingga strategi pengendalian sangat penting untuk mengurangi kemungkinan kegagalan aplikasi predator sebagai musuh alami di lapangan.

Berdasarkan analisis data dari berbagai literatur menunjukkan bahwa Sycanus sp. telah dimanfaatkan sebagai predator penting untuk mengendalikan Helopeltis sp. dan ulat penggulung daun Strepsicrates sp. pada pertanaman Acasia mangium dan Acasia crassicarpa, Eucalyptus sp. dan Melaleuca sp. di daerah Riau.

Pemanfaatan Sycanus sp. sebagai pengendalian alami memiliki potensi yang baik karena cukup murah dan efeknya terhadap populasi hama akan terus berlangsung tanpa batas waktu.

Potensi kisaran hama dari Sycanus sp. tergolong bervariasi, hal ini diketahui bahwa hama T. molitor, A. diaperinus, P. xylostella, C. pavonana, Helopeltis sp., C. cephalonica, S. litura, S. frugiperda, H. armigera, E. insulana, E. vittella, S. litura, D. cingulatus, dapat menjadi mangsa bagi Sycanus sp., selain itu kelimpahan dari predator ini memiliki sifat yang stabil dibandingkan dengan kepik predator lain sehingga kedua aspek ini memperbesar potensi pemanfaatan dari predator Sycanus sp.

Baca juga: Pakar IPB University Rekomendasikan Cara Atasi Hama Wereng Batang Coklat

Ternyata predator Sycanus sp. memiliki potensi yang besar sebagai musuh alami sehingga perlu perhatian khusus untuk dikembangkan. Dengan pengendalian hama secara hayati ini dampak negatif terhadap lingkungan dan kesehatan manusia dapat diminimalisir. (ran)

 

Tonton video menarik berikut ini:

 

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here